Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Download
Mother oleh Mila Art Dance

Mother oleh Mila Art Dance

"Mother Earth" adalah personifikasi umum alam yang fokus pada aspek-aspek pemberian kehidupan dan memelihara alam dengan mewujudkannya dalam bentuk 'IBU'.

Karya ini merupakan sebuah ekspresi kasih sayang ibu terhadap seorang anak, proses dari mengandung, melahirkan, kehadiran kendi sebagai simbol rahim ibu yang melindungi kehidupan didalamnya, hingga luapan keegoisan dalam diri ibu yang sewaktu-waktu muncul dan dapat sirna karena kasih sayang terhadap anaknya. 

Ibu dalam karya ini juga merepresentasikan bumi sebagai ibu dan isinya sebagai anaknya. Manusia kadang secara tidak sadar menyakiti bahkan merusak Ibu Bumi, namun Ibu Bumi akan selalu memberikan kehidupan bagi isinya. Kadang luapan kemarahan ibu muncul dengan adanya bencana alam, namun dibalik bencana menyimpan sebuah kehidupan baru dan akan tumbuh sesuatu yang baru. 

Ibu adalah rumah bagi anak-anaknya, pelukan, gendongan, kecupan adalah ruang ternyaman bagi sang anak. Jika kita merusak ibu bumi, dimanakah rumah kita kelak? Bagi sang ibu, anak adalah kekuatan ibu untuk selalu berjuang dan berkorban demi kebahagiaan sang anak. Kasih sayang ibu tanpa balas jasa.

Mila Rosinta memberanikan diri untuk berkarya lagi dengan membuat karya berjudul “Mother Earth” karya pertamanya sejak melahirkan, dibuat ketika anaknya, KIrana, berusia 7 bulan. Dengan dukungan suami, Mila memutuskan untuk membuat karya bersama Kirana dan sudah dipentaskan di 7 festival dibeberapa kota.

Mother Earth berkolaborasi dengan penyanyi dan pencipta lagu Luise Najib, pianis dan komposer Gardika Gigih, MUA Lia Pharaoh, hairdo oleh Jenny Subagyo, desainer muda Manda Baskoro, videografer Yugo Risfriwan, forografer Rio Pharaoh dan visual artist Kokoksaja.

Mother oleh Mila Art Dance dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 27 April 2019 pukul 15:00 WIB.