Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Download
Napak Tilas Bali Tua oleh Bengkel Tari Ayubulan

Napak Tilas Bali Tua oleh Bengkel Tari Ayubulan

Napak Tilas Bali Tua adalah sebuah pertunjukan tari dan presentasi interaktif untuk 2 tari tua yang langka dari Bali: Legong Playon dan Leko Sibanggede. Pertunjukan budaya dalam nafas pendidikan budaya dan sejarah ini dihadirkan 6 penari senior Bengkel Tari AyuBulan beserta dua maestro tari, Ayu Bulantrisna Djelantik (pelestari Legong) dan A.A. Ayu Kusuma Arini (pelestari Leko). 

Dalam acara ini Legong Playon akan menjadi tari pembuka – dimana tari ini bulan April lalu ditampilkan di Pulau Jawa untuk pertama kalinya pada perayaan Hari Tari Dunia 2019 di Surakarta, dan Jakarta akan menjadi kali kedua Legong Playon dihadirkan di Pulau Jawa secara live. Ini akan lalu disambung dengan penjelasan singkat, workshop interaktif dan demo Leko, disusul pertunjukan Leko Sibanggede dalam 4 babak – dan ditutup dengan Ngibing yang meriah oleh semua penari dengan mengajak hadirin ikut menari Leko.  

Bengkel Tari AyuBulan adalah kelompok tari beranggotakan penari-penari Legong profesional yang berdedikasi mempertunjukkan, mengajarkan, dan memperkenalkan secara luas tari-tari klasik Bali khususnya yang berjenis Legong/ Palegongan dalam gaya Peliatan - di luar Bali. Kelompok ini dibentuk di Bandung pada tahun 1994 oleh Dr Ayu Bulantrisna Djelantik. Berbasis di Jakarta sejak 2005, Bengkel Tari AyuBulan aktif menyelenggarakan berbagai workshop tari Bali klasik baik di dalam maupun di luar negeri, membuka berbagai kelas-kelas tari dalam wadah LesTari Ayu Bulan di 6 studio di Jakarta, dan setiap tahunnya terus menggali seni-seni tari tradisi tua dengan langsung mempelajarinya di Bali untuk kemudian dipentaskan dan diajarkan di luar Bali sehingga semua kesenian itu terus lestari.

Napak Tilas Bali Tua oleh Bengkel Tari Ayubulan dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 27 Juli 2019 pukul 15:00 WIB.