Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Download
Pementasan Teater "Bulang Trang, Nona" oleh Teater Pandora

Pementasan Teater "Bulang Trang, Nona" oleh Teater Pandora

Bulang Trang, Nona, dalam bahasa Ambon yang bermakna ‘Terang Bulan, Nona’. Karya sutradara Teater Pandora, Yoga Mohamad. Sebuah pertunjukkan drama yang mengisahkan tentang seorang perwira muda yang sedang menceritakan ingatan masa kecilnya, ketika tinggal bersama tiga orang tante dan satu orang mama, di kota Ambon, tahun 1936. Sang perwira bercerita kepada karakter penulis untuk mendengarkan serta menuliskan kembali ingatan-ingatan yang mulai nampak samar atau bahkan hilang akibat penyakit malaria yang diderita sang perwira saat bertugas di Papua.

Bulang Trang, Nona juga merupakan kisah kehidupan empat kakak beradik perempuan keluarga Siwalette, yakni: Rossi, Jane, Betty dan Siska. Empat perempuan muda yang hidup bersama, tanpa menikah, saling bahu-membahu dan gemar bernyanyi-berdansa. Tentang kisah perjuangan hidup, asmara, kasih sayang dan kebebasan dari sudut pandang perempuan-perempuan muda Nusantara khususnya perempuan Indonesia bagian Timur tahun 1930-an. Drama ini memainkan gaya pertunjukkan realis melalui cerita yang mempermainkan ingatan / memori (memory play) dari tokoh utama sebagai seorang narator. Drama ini bisa dinikmati oleh siapa saja, baik tua maupun muda, sekaligus untuk merayakan keberagaman budaya Indonesia.

Teater Pandora adalah teater independen yang didirikan oleh alumni dan mahasiswa Universitas Indonesia dari berbagai fakultas pada tahun 2014. Melepaskan diri dari label teater kampus menjadi teater mandiri, Teater Pandora mengedepankan semangat generasi muda untuk secara serius berkarya dan mendedikasikan diri bagi kemajuan seni pertunjukan Indonesia.
Teater Pandora merupakan jalan tengah antara teater sebagai produk kebudayaan-kesenian dan teater sebagai produk industri. Melalui manajemen produksi yang profesional dan proses latihan yang menekankan pada prinsip disiplin dan kekeluargaan, Teater Pandora telah menjadi tempat interaksi bagi para insan seni yang unggul dan beragam, sehingga pertunjukan yang berkualitas mampu dihadirkan.

Teater Pandora bertujuan memperkenalkan naskah drama realis karya anak muda Indonesia dalam menggali kebudayaan Indonesia Timur serta mempersembahkannya kepada penonton atau penikmat seni untuk merayakan keberagaman Indonesia. Sebagai bagian dari campaign #MempermainkanRuang yang diusung oleh Teater Pandora sepanjang tahun 2019 ini, yang merujuk pula pada eksperimen bentuk dan gaya pertunjukkan. Salah satunya metode memory play sebagai bagian dalam metode realisme.

Pementasan Teater “Bulang Trang, Nona” oleh Teater Pandora dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 29 September 2019 pukul 15.00 WIB.