Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Download
Sumpah Pejuang oleh Kelompok Sandiwara Miss Tjitjih bersama Yuki Kato

Sumpah Pejuang oleh Kelompok Sandiwara Miss Tjitjih bersama Yuki Kato

Pertunjukan kali ini dibawakan dengan gaya komedi khas sunda oleh Kelompok Sandiwara Miss Tjitjih bersama Yuki Kato, berkisah tentang seorang gadis bernama Euis yang mencintai seorang penjuang bernama Toha. Meski ditentang oleh kedua orang tuanya, Euis mengajak Toha untuk kawin lari karena mendengar bahwa dia akan pergi bertugas. Ketika Toha menolak dan lebih memilih tugas daripada menikah dengannya, Euis pun sedih dan kecewa akan keputusan kekasihnya. 

Tidak berapa lama terdengar kabar bahwa Toha gugur dalam melaksanakan tugasnya, Euispun mendapat sepucuk surat dari Toha "meski kita tidak bisa bersatu namun sumpahnya untuk mengusir penjajah dari negrinya sudah tercapai meski nyawa taruhannya" Euis merasa sedih namun juga bangga bahwa kekasihnya itu seorang pejuang yang berjiwa besar dan pemberani.

Kelompok Sandiwara Miss Tjitjih  adalah Sandiwara Sunda dengan nama seorang Diva Sandiwara Sunda pada tahun 1928 asal Sumedang, yaitu Miss Tjitjih. Pada tahun 1926 seorang gadis cantik bernama Nyi Tjitjih yang biasa bermain sandiwara berbahasa Sunda ditemukan oleh Aboebakar Bafaqih, seorang Arab-Indonesia kelahiran Bangil (Jawa Timur) pemilik Sandiwara Keliling atau Komedie Stamboel 1891-1903) yang sedang mengadakan pertunjukan keliling di Jawa Barat. Bafaqih langsung tertarik mengajaknya masuk ke dalam perkumpulan sandiwara bentukannya, Opera Valencia. Ajakan Bafaqih tersebut disambut baik Nyi Tjitjih. Mulai saat itu Nyi Tjitjih menjadi bagian dari Opera Valencia.

Sumpah Pejuang oleh Kelompok Sandiwara Miss Tjitjih bersama Yuki Kato dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 17 Agustus 2019 pukul 15:00 WIB.