Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Download
Tembang Nestapa oleh Bathara Dance Project

Tembang Nestapa oleh Bathara Dance Project

Karya ini terinspirasi dari Naskah Drama Wayang Swargaloka berjudul “Tembang Nestapa Banowati” Karya Irwan Riyadi tahun 2013. Salah satu adegannya diinterpertasi dan dikembangkan menjadi karya baru berbentuk teater tari.
Cerita ini adalah tentang Raden Arjuna ksatria Pandawa yang ahli dalam memanah dan Dewi Banowati dari cerita pewayangan. Keduanya adalah sepasang kekasih yang  berpisah karena Banowati harus menikah dengan Duryudana lelaki yang tidak dicintainya. Sebenarnya pernikahan tidak akan terjadi jika Arjuna tidak menerima permintaan Banowati untuk hadir menjadi juru rias pengantin wanita. Namun sayangnya dengan kemarahan, arjuna datang di hari pernikahan itu. 

Banowati tahu bahwa ksatria tak mungkin mengingkari janjinya, maka sebagai seorang wanita yang berusaha memahami kehidupan, ia pun merela. Dengan penuh penyesalan, Arjuna yang tak mampu membaca isyarat itu harus rela melepas sang belahan hati. Belasan tahun berlalu, Banowati tak akan pernah lupa betapa perih hatinya kala itu. Ia selalu membayangkan akhir hidupnya, setelah setiap hari merela cinta dengan orang yg tidak diminta. Apakah Banowati berhasil melupakan Arjuna? Bagaimanakah Banowati menguatkan hari – harinya ?
Bathara Dance Project adalah sebuah ruang eksplorasi dan eksperimen karya – karya berbasis tradisi olahan Bathara Saverigadi pemegang Rekor Muri “Penata Tari Tradisional Jawa Termuda” tahun 2013 dan Anugerah Kebudayaan KEMENDIKBUD Sebagai “remaja berprestasi bidang seni” tahun 2015.

Sebuah unit usaha penciptaan ini berfokus pada tari sebagai media berekpresi dalam bentuk Kontemporer dan Kreasi baru. Beberapa Judul karya yang pernah dipentaskan antara lain “Refusing”, “Gama Gandrung”, “DUH”, “Deras”, “Sangkan Paran”, “Si Tuan Jingga”.

Tembang Nestapa oleh Bathara Dance Project merupakan bagian dari Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia dan dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya tanggal 30 Maret 2019 pukul 15:00 WIB.