Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Download
The Sound of SAS 'Sasando & Sape' oleh SAS 'Sasando & Sape'

The Sound of SAS 'Sasando & Sape' oleh SAS 'Sasando & Sape'

Musisi-musisi muda yang terdiri dari Ganzer Lana (Sasando), Gregorius Argo (Sape’) , dan Feby Raprap (Vokal), mendirikan kelompok musik etnik bernama SAS; sebagai bentuk penyikapan untuk mempertahankan musik-musik tradisional di Indonesia yang mulai terkikis di jaman sekarang, agar tetap diminati masyarakat.

Dilatarbelakangi hal tersebut,  SAS mengusung karya dengan memadukan musik tradisi dengan musik populer, namun unsur utamanya tetap didasari oleh bunyi-bunyian dan alat musik  tradisi Nusantara.  Mereka berharap, melalui karya-karya yang disajikan, musik tradisi dapat terus berkembang dan banyak diminati oleh masyarakat di tengah-tengah perkembangan Industri musik saat ini.

V SAS merupakan sebuah Kelompok musik  etnik yang terbentuk di Jakarta, pada tanggal 18 oktober 2018. Nama SAS diambil dari nama alat musik Sasando and Sape’, yang merupakan perpaduan dari dua unsur alat musik yang digunakan oleh SAS dalam berkarya. 

SAS terdiri dari Ganzer Lana sebagai pemain Sasando (Nusa Tenggara Timur), Gregorius Argo sebagai pemain Sape’ Mandwa (Kalimantan), dan Feby Raprap sebagai Penyanyi yang menyuarakan Vokal Tradisi Timor, Belu dan Malaka.
SAS mulai dikenal sejak lolos dalam pada babak Live Duel di ajang RISING STAR INDONESIA Session 3 (2018/2019). Meski tergolong baru, SAS telah tampil diberbagai acara; Antara lain Dies Natalies Universitas Indonesia (2018), Kedutaan Belanda di Jakarta (2019), Otomotif Awards DI The Sunan Hotel, Jakarta (2019), Fikomfest di Jakarta (2019), Festival Dawai Nusantara di Malang (2019). SAS juga mendapat kesempatan bekerja sama dengan musisi kenamaan Indonesia, Yovie Widyanto pada tanggal 27 Februari 2019 lalu, dalam Project Hatiku Indonesia dari Ruang Tengah Indonesia.

The Sound of SAS ‘Sasando & Sape’ oleh SAS ‘Sasando & Sape’ dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 28 Juli 2019 pukul 15:00 WIB.