Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Download
Wayang Dongeng Lakon "Si Kancil Tobat" oleh Teater Ruang Hening

Wayang Dongeng Lakon "Si Kancil Tobat" oleh Teater Ruang Hening

Di dalam garap Wayang "Kancil Tobat" ini berdurasi kurang lebih satu setengah jam, dengan mengkombinasikan rel pakem Wayang Purwa, yang meliputi: Jejeran, Kedhatonan, Paseban, Bedholan, Jejer Sabrang, dan sebagainya, dengan gagasan dialog yang dikombinasikan antara video mapping dan video art. 

Video Art adalah jenis seni yang bergantung pada gambar bergerak dan terdiri dari video atau audio data. Sedangkan Video Mapping adalah sebuah teknik yang menggunakan pencahayaan dan proyeksi sehingga dapat menciptakan ilusi optik pada objek-objek. Kombinasi ini berasal dari beragam instrumen yang akan membentuk satu kesatuan harmoni pewayangan.

Selain itu ada juga adegan teatrikalnya. Di dalam garap Wayang Kancil ini pengkarya mengkolaborasikan antara garap teater dan garap wayang.
Kancil Tobat bercerita tentang bagaimana saling hasut dan adu domba dapat merusak keharmonisan dan persatuan bangsa. Seperti yang dilakukan si Kancil kepada teman-temannya, menciptakan suasana kacau balau dalam hutan.

Ruang Hening berdiri pada tanggal 17 September 2015, di Muncul, Banyubiru, Kab. Semarang, Jawa Tengah. Bertepatan di rumah Bapak Agus. Dari buah pemikiran bersama yaitu Prawoto Susilo (Owod), Aziz, Ari, dan Arsa, terbentuklah Teater Ruang hening.

“Ruang” merepresentasikan sebagai tempat tak terbatas, “hening” adalah kesunyian, yang kala itu di rumah Muncul jauh dari peradaban (jauh dari tetangga dan keramaian) hingga kami bisa bereksplorasi sepuas kami, berteriak-teriak ketika latihan teater, bermusik dan lain-lain untuk memecahkan kesunyian kami di sana.

Kami bergerak dalam seni teater, dan lebih ke nguri-uri kearifan budaya lokal terutama ‘Jawa dengan bahasa Jawanya’. Kebanyakan pementasan kami menggunakan naskah bahasa Jawa. Adapun pentas yang kami pentaskan sepanjang 2015 hingga 2018 adalah Mijil, Asmaradhana, Kinanti dan Megatruh. Kami pentas di dalam kota terutama Kabupaten Semarang, Salatiga dan sekitarnya, keliling kampung dan juga pentas keliling kota yaitu Bojonegoro, Pekalongan, Wonogiri, yogyakarta, Ambarawa dan kota-kota lainnya. Dan pentas kami menggunakan konsep ‘Gerilya Budaya’.

Wayang Dongeng Lakon “Si Kancil Tobat” oleh Teater Ruang Hening merupakan bagian dari Ruang Kreatif: Seni pertunjukan Indonesia dan dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya tanggal 13 April 2019 pukul 15:00 WIB.