Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Pantai Grajagan, Pantai Menawan di Timur Pulau Jawa

Pantai Grajagan, Pantai Menawan di Timur Pulau Jawa

Selain dikenal dengan nuansa kebudayaannya yang kental dengan banyaknya festival yang diselenggarakan, Banyuwangi juga memiliki beberapa pantai dengan pemandangan menawan, salah satunya adalah Pantai Grajagan. Pantai yang berada di kabupaten yang berada di kawasan paling timur Pulau Jawa ini lokasinya bersebelahan dengan beberapa pantai lain yang terkenal akan keindahannya seperti Pantai Plengkung dan Pantai Pulau Merah.

Berjarak sekitar 50 km dari pusat Kota Banyuwangi, Pantai Grajagan kerap menjadi destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal tersebut bukan tanpa sebab, pasalnya, selain memiliki panorama pemandangan alam yang indah, Pantai Grajagan juga mempunyai ombak besar. Besarnya ombak di pantai ini menjadikan pantai ini sangat cocok bagi mereka yang mencintai olahraga penuh tantangan seperti selancar.

Karakteristik unik lain dari Pantai Grajagan adalah garis pantainya yang panjang. Sebagian sisi barat pantai ini dipenuhi oleh bebatuan karang. Sementara, sebagian lainnya dipenuhi pasir pantai yang memiliki warna putih kecokelatan. Selain berselancar, aktivitas wisata lain yang bisa dilakukan di Pantai Grajagan adalah memancing dan menjelajahi keindahan pantai ini dengan menggunakan perahu sewaan.

Perahu sewaan berbentuk perahu tradisional bercadik dengan warna-warna yang beraneka rupa ini merupakan perahu yang digunakan nelayan untuk melaut ketika sore menjelang malam. Perahu inilah yang dapat digunakan pengunjung untuk berkeliling menjelajahi setiap jengkal Pantai Grajagan.

Selain itu, bagi pengunjung yang menyukai dan biasa membeli aksesoris, di pantai ini juga terdapat banyak penjual aksesoris bernuansa pantai yang bisa dibeli dengan harga yang relatif terjangkau.

Lelah mengelilingi pantai dan ingin menikmati waktu lebih lama di pantai ini,  tidak jauh dari Pantai Grajagan terdapat penginapan untuk Anda beristirahat. Dengan harga yang relatif terjangkau, pengunjung yang ingin bermalam dan berlama-lama menikmati pemandangan pantai bisa bermalam di penginapan tersebut. Pantai Grajagan menjadi satu diantara banyaknya keindahan pantai di Jawa Timur yang mesti dijaga dan dilestarikan bersama. [AhmadIbo/IndonesiaKaya]