Air Terjun Cunca Rami, Oase di Tengah Flores yang Terik

Air Terjun Cunca Rami, Oase di Tengah Flores yang Terik

Selain Taman Nasional Komodo, Flores juga memiliki objek wisata lainnya di Kabupaten Manggarai Barat, NTT yang tak kalah menariknya yaitu Air Terjun Cunca Rami ini. Dalam Bahasa Floresnya Cunca Rami memiliki arti, Cunca yang berarti air terjun dan Rami yang berarti hutan. Sangat cocok dengan arti namanya karena letak Cunca Rami yang memang dikelilingi oleh hutan rindang dan pepohonan asri. Terletak di kawasan hutan tropis Mbeliling, Kampung Roe, Desa Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, selain Cunca Rami juga terdapat 2 air terjun lainnya yaitu Cunca Wulang dan Cunca Lolos.

Air terjun ini dapat dijangkau dari gerbang pintu pendakian Puncak Mbeliling yaitu Kampung Roe, Desa Wae Lolos. Akses untuk menuju ke sini dari Labuan Bajo yang berjarak sekitar 30 km dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan sewaan dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Kondisi jalan dari Labuan Bajo cukup baik dengan kualitas aspal yang memadai.

Sesampainya di pintu wisata Cunca Rami biasanya pasti ada penduduk lokal yang menawarkan jasa guide lokal untuk mengantar dengan harga yang bisa ditawar. Dikelilingi rindangnya pepohonan dan pemandangan sekitar yang sangat asri, Cunca Rami memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan debit air yang cukup besar. Untuk mencapai spot ini, pengunjung harus mengeluarkan tenaga cukup ekstra karena diperlukan trekking di Hutan Mbeliling dengan medan menurun yang memakan waktu antara 45 menit hingga 1 jam lamanya. Sedangkan perjalanan pulangnya sebaliknya dengan medan trekking menanjak dan memakan waktu tempuh sekitar 1,5 jam lamanya.

Aliran Air Terjun Cunca Rami ini membentuk sebuah kolam yang menyerupai danau kecil yang biasanya digunakan pengunjung untuk sekedar bermain air ataupun berendam. Sayangnya fasilitas penunjang di kisaran objek wisata belum tersedia sehingga pengunjung yang hendak berganti pakaian seusai bermain air harus siap berganti baju di pojokan sekitar kawasan air terjun. Di sekitar wilayah Hutan Mbeliling terdapat satu desa adat budaya yang sedang dikembangkan untuk nantinya dijadikan tujuan wisata yaitu bernama Desa Liang Ndara.

Selain terkenal akan keindahan Kepulauan Komodonya ternyata Labuan Bajo masih memiliki potensi wisata lainnya yang tak kalah eksotisnya. Bagi yang rindu bermain air tawar di kolam alami dengan udara dataran tinggi yang sejuk, mengunjungi Cunca Rami dapat menjadi destinasi wisata berikutnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. [Anggey/IndonesiaKaya]