Alas Kedaton

Alas Kedaton

Foto : Tim Indonesia Exploride

Alas Kedaton merupakan salah satu obyek wisata yang lumayan terkenal di Bali, berada di lahan yang memiliki luas sekitar 6,5 hektar. Tempat ini agak mirip dengan Sangeh (Monkey Forest). Populasi kera yang hidup di sini sudah mencapai sekitar 1.800 ekor. Kera-kera di tempat ini dianggap sebagai hewan keramat oleh penduduk setempat. Hingga kini kondisi lingkungan Alas Kedaton masih terjaga keasriannya karena adat-istiadat penduduk setempat yang berpantang menebang pohon secara sembarangan, apalagi sampai menggunduli hutan.

Di dalam hutan yang asri itu, terdapat sebuah pura yang dinamakan Pura Alas Kedaton. Biasanya bangunan atau tempat suci di Bali memiliki paling banyak dua buah pintu masuk. Berbeda dengan Pura Alas Kedaton yang memiliki empat pintu masuk. Pintu masuk utamanya terletak di bagian barat, dan tiga pintu masuk lainnya berada di utara, selatan, dan timur. Semua pintu akan mengarahkan wisatawan ke halaman tengah pura.  Satu lagi keunikan pura ini, halaman bagian dalamnya dianggap sebagai tempat paling suci, meski posisinya lebih rendah dibandingkan dengan halaman tengah dan halaman luar pura.

Di Pura Alas Kedaton atau sering juga disebut dengan nama Pura Dalem Kahyangan masih sering diselenggarakan upacara piodalan. Upacara ini biasanya dilangsungkan pada hari anggaran kasih (Selasa), 20 hari setelah perayaan hari raya Galungan. Upacara piodalan dimulai dari pagi hari dan berakhir menjelang matahari terbenam.

Hanya beberapa meter memasuki area Alas Kedaton, wisatawan akan langsung disambut dengan kehadiran sejumlah kera yang berharap dibawakan “oleh-oleh”. Jadi, bagi wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini, ada baiknya menyediakan makanan kecil seperti kacang tanah untuk diberikan pada kera-kera tersebut. Gerombolan kera ini memiliki indera penciuman yang sangat tajam, jadi jangan coba-coba menyembunyikan makanan di kantong baju, celana, ataupun di dalam tas karena kera-kera itu akan berusaha mengambilnya. Namun kera-kera itu tidak akan menggigit kecuali diganggu.

Kawasan wisata Alas Kedaton terletak di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, berjarak sekitar empat kilometer dari Tabanan. Lokasi bisa dicapai dalam waktu tempuh sekitar 40 menit dari Kuta. [TimIndonesiaExploride/IndonesiaKaya]