Ayam Betutu

Ayam Betutu

Foto : Barrykusuma

Selain Sate Lilit ada lagi kuliner dari Bali yang sayang jika tidak dicoba. Bagi Anda yang gemar dengan makanan yang berasal dari ayam, bisa jadi makanan ini merupakan pilihan yang pas untuk menuntaskan rasa lapar Anda.

Dari asal katanya, ayam betutu merupakan daging yang diisi dengan bumbu lalu dipanggang dalam api sekam. Lauk ini cukup populer di seluruh kabupaten di Bali. Hanya saja, jika Anda ingin mencicipi makam anan ini dari produsennya langsung, Anda bisa berkunjung ke desa Melinggih, kecamatan Payangan kabupaten Gianyar. Daerah ini dikenal banyak memproduksi ayam betutu yang juga menjadi makanan khas daerah Gilimanuk.

Istimewanya, makanan ini bukan saja menjadi lauk pauk yang menemani nasi dan bisa dikonsumsi sehari-hari, namun lauk ini juga menjadi sajian syarat pada sebuah upcara adat dan keagamaan.

Ayam Betutu ini bukan saja digemari wisatawan lokal saja namun saat ini kelezatannya juga dipuja oleh wisatawan mancanegara. Di beberapa hotel dan restaurant, makanan ini bahkan menjadi salah satu pilihan yang terdapat pada daftar menu.

Makanan ini sangat nikmati disantap selagi hangat, karenanya masakan ini tidak bisa tahan disimpan lama. [BarryKusuma/IndonesiaKaya]