Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Bakso Ikan Ekor Kuning, Bakso Khas Karimunjawa

Bakso Ikan Ekor Kuning, Bakso Khas Karimunjawa

Berjalan-jalan ke kawasan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan yang satu ini. Bakso ikan ekor kuning namanya, bakso berbahan dasar ikan ekor kuning hasil tangkapan para nelayan yang terkenal memiliki rasa yang gurih dan enak.

Berbeda dengan bakso pada umumnya, bakso ikan ekor kuning memiliki tekstur yang sedikit kasar dan berwarna sedikit putih. Namun begitu masuk mulut, bakso ini terasa lembut dengan tekstur sedikit kenyal daging ikan ekor kuningnya begitu terasa. Tambahan kuah kaldu yang gurih menjadikan setiap gigitan bakso ikan ekor kuning ini begitu nikmat untuk disantap.

Selain berbahan utama ikan ekor kuning, bakso ini juga dicampur dengan bahan-bahan seperti tepung maizena, tepung sagu tani, putih telur, dan tambahan bumbu-bumbu seperti merica dan garam yang membuat bakso ikan ekor kuning memiliki rasa yang enak.

Biasanya satu porsi bakso ikan ekor kuning berisi 7 bakso. Sajian bakso terasa lengkap dengan tambahan mi kuning dan sambal sesuai selera. Tambahan taburan bawang goreng pada bakso ikan ekor kuning dapat menggugah selera kita untuk segera menyantap sajian bakso ini. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati satu porsi bakso ini, cukup dengan Rp. 20000 kita sudah dapat menikmati kelezatan bakso ikan ekor kuning. Untuk dapat menikmati bakso ini, Anda bisa meluncur ke Alun-Alun Kecil di kawasan Karimunjawa. Di sini kita dapat menemukan pedagang bakso ikan ekor kuning yang buka dari pukul 17.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

Ikan ekor kuning sendiri merupakan jenis ikan yang hidup berkoloni dengan gerakan-gerakan yang sangat cepat dan lincah. Ikan ekor kuning biasanya memangsa plankton-plankton dan ikan-ikan kecil. Habitat ikan ekor kuning banyak ditemui di perairan Karimujawa dan biasanya menjadi incaran nelayan yang mencari ikan di wilayah sekitar Karimunjawa. [AhmadSirojuddin/IndonesiaKaya]