Berkemah di Pantai Labuana

Berkemah di Pantai Labuana

Selain gunung, pantai merupakan lokasi yang digunakan untuk kegiatan berkemah. Bermalam di tenda ditemani suara alam yang dihasilkan gulungan ombak yang menyapa bibir pantai serta pemandangan langit yang jernih bertabur bintang-bintang menjadikan berkemah di pantai merupakan kegiatan alternatif yang sesekali harus dicoba. Pantai Labuana yang berjarak sekitar 105 kilometer dari pusat Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah menawarkan suasana damai bagi siapapun yang datang ke lokasi pantai ini. Berkemah di pantai ini merupakan pilihan bagi para wisatawan dikarenakan belum adanya fasilitas penginapan yang memadai di sekitar lokasi pantai. Namun itu, semua tidak mengurangi keistimewaan dari pantai ini. Bermalam di dalam tenda dengan beratapkan langit penuh bintang akan meninggalkan kesan tersendiri bagi wisatawan.

Wilayah dari Pantai Labuana mencangkup dua wilayah dari desa yang berdampingan yaitu Desa Lambogia di Kecamatan Balaesang dan Desa Lende Tovea di Kecamatan Sirenja. Hamparan pasir putih di pantai yang berada di lokasi Teluk Balaesang ini terbentang sepanjang satu kilometer dan melewati kedua desa tersebut. Bagian pantai yang masuk ke dalam wilayah Desa Lende Tovea lebih ramai dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Pantai Labuana. Pantainya yang landai dengan kedalaman laut yang dangkal membuat para wisatawan dengan mudah menghabiskan waktu mereka dengan berenang di sekitar bibir pantai. Selain itu, bagian pantai di Desa Lende Tovea dipenuhi oleh pohon ketapang yang rindang menambah kesan teduh yang akan memanjakan para pengunjung.

Selain berkemah, berenang, atau sekedar bermalas-malasan di hamparan pasir putih Pantai Labuana, para wisatawan juga dapat memancing ikan yang hidup di Teluk Balaesang. Di Pantai Labuana terdapat sebuah dermaga yang menjorok ke arah teluk sepanjang 50 meter dan juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan memancing. Untuk merasakan semua ketenangan dan keindahan yang disuguhkan Pantai Labuana, memanglah tidak begitu mudah mengingat jarak yang harus ditempuh dari Kota Palu cukup jauh. Namun itu semua akan terbayar dengan semua yang akan para wisatawan dapatkan selama mengeksplor wisata Pantai Labuana. [Rizal/IndonesiaKaya]