Berwisata Bahari di Pantai Tanjung Karang

Berwisata Bahari di Pantai Tanjung Karang

Sebagian besar wilayah perairan Indonesia memang terkenal dengan pesona bawah lautnya yang sudah tersohor hingga ke mancanegara. Gugusan karang serta keanekaragaman biota laut yang ada di wilayah perairan Indonesia mengundang decak kagum bagi siapa saja yang menyaksikannya. Tersebar di beberapa wilayah Indonesia, banyak spot-spot yang seringkali digunakan sebagai tempat penyelaman bagi para pecinta dunia bawah laut. Pantai Tanjung Karang yang terletak di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah merupakan satu tempat yang menyimpan pesonannya tersediri bagi para penyelam yang haus akan keindahan bawah laut. Untuk mencapai pantai ini, diperlukan waktu sekitar kurang lebih satu jam melalui perjalanan darat dari Kota Palu yang merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah. Berjarak sekitar 40 km dari Kota Palu, Pantai Tanjung Karang siap memanjakan pengunjung dengan kombinasi pasir putih dan air lautnya yang jernih. Pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat berlibur dan bersantai bersama keluarga, didukung dengan adanya bilik-bilik di tepi pantai yang sengaja dibuat oleh pengelola pantai.

Bagi pecinta olahraga menyelam atau snorkeling, Tanjung karang menawarkan beberapa titik penyelaman dengan keunikannya masing-masing. Arcopora Formosa atau karang yang berbentuk seperti cabang pohon mendominasi hampir keseluruhan taman bawah laut di Tanjung Karang. Pantai ini memiliki kurang lebih sekitar 17 gugus karang, dimana ketujuh belas gugus karang tersebut tersebar dalam radius 20 km dari bibir pantai. Para pengunjung yang sudah mempunyai lisensi penyelaman dapat menikmati pesona bawah laut Tanjung Karang dari mulai kedalaman satu hingga empat puluh meter. Jika anda belum memiliki lisensi untuk menyelam, terdapat kursus menyelam yang ditawarkan oleh dive center yang ada di kawasan Pantai Tanjung Karang. Namun, dengan bersnorkeling di sekitar bibir pantainya pun, para pengunjung sudah dapat melihat hamparan terumbu karang berseta gerombolan ikan yang berwarna-warni, jadi tak ada alasan lagi untuk tidak mengunjungi Pantai Tanjung Karang ini.

Pantai Tanjung Karang merupakan salah satu tempat pilihan yang sering dikunjungi oleh warga Kota Palu untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Walaupun pantai ini ramai dikunjungi wisatawan, namun kondisi dari terumbu karang yang tersebar di pantai ini masih sangat terjaga dengan baik. Jika waktu sehari masih kurang untuk mengeksplor keindahan yang ada, di kawasan pantai ini pun terdapat banyak penginapan dan hostel untuk menginap. [Rizal/IndonesiaKaya]