Binte Biluhuta, Panganan Sehat nan Lezat Asli Gorontalo

Binte Biluhuta, Panganan Sehat nan Lezat Asli Gorontalo

Kuliner Gorontalo

Sayuran seringkali dihindari oleh beberapa orang di Indonesia bahkan di dunia, padahal kandungan gizi yang terdapat di dalamnya jelas sangat bermanfaat untuk komposisi tubuh. Jenis olahan yang itu-itu saja mungkin jadi alasan salah satunya untuk tidak mengkonsumsi sayuran, namun para anti-sayuran harus mencoba sebuah hidangan khas Gorontalo yang kaya dengan gizi nan lezat dengan isi berbagai macam sayuran. Campuran jagung, kemangi, tomat, ditambah, ikan cakalang atau udang menjadi kombinasi makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Nama dari makanan ini adalah Binte Biluhuta, atau sering disebut juga Milu Siram.

Binte Biluhuta dalam bahasa Gorontalo berarti jagung yang disiram. Sekilas terdengar biasa saja, namun rasa yang dimiliki Milu Siram ini akan memanjakan lidah para penikmatnya. Terdapat tiga macam rasa yang ditawarkan dari panganan yang satu ini, yaitu pedas, manis, dan asin. Bagi para penikmat kuliner pedas, Binte Biluhuta merupakan jawaban cocok dari apa yang anda cari. Cabai rawit menjadi salah satu bumbu utama yang dicampurkan ke dalam kuah Binte Biluhuta, rasa pedas cabai ini akan memberikan rasa pedas dan hangat di lidah.

Proses memasak olahan ini sebenarnya tidak terlalu sulit, cukup merebus jagung dan bahan-bahan lain seperti cabai merah, cabai rawit, dan bawang merah secara terpisah. Lalu simpan di sebuah mangkok, dan campurkan parutan kelapa beserta udang kering, potongan tomat, dan air perasan jeruk. Kemudian yang jadi pelengkap rasanya yaitu siramkan kuah yang telah direbus ke mangkok yang berisi bahan-bahan yang sudah dicampur sebelumnya.

Jika anda berkunjung ke Gorontalo dan ingin mencicipi makanan khas ini, anda cukup mendatangi restoran-restoran yang menyediakan menu khas Gorontalo, yang mana tersebar di setiap sudut kota. Tidak akan sulit menemui restoran yang menyediakan menu Binte Biluhuta, karna makanan ini seperti menjadi makanan wajib bagi masyarakat Gorontalo. Jika belum berkesempatan merasakan langsung segarnya rasa Binte Biluhuta di kota asalnya, anda dapat mencoba membuat olahan khas tersebut di rumah. Dengan bahan-bahan makanan yang umum tentunya tidak sulit untuk membuat Binte Biluhuta dengan tangan sendiri. [Rizal/IndonesiaKaya]