Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Citarasa Nikmat Abon Gulung Khas Manokwari

Citarasa Nikmat Abon Gulung Khas Manokwari

Sepotong roti berbentuk bulat lonjong tersaji di atas piring putih. Roti itu berwarna kecoklatan dengan tumpukan abon yang terbungkus kulit roti. Aroma gurih terpancar dari roti itu, sepertinya nikmat dan menggugah selera. Taburan wijen di atasnya mempercantik tampilan lezat berselera. Serpihan-serpihan daging kecil dan daun bawang berjatuhan di sekelilingnya membuat roti ini semakin menggelitik nafsu untuk memakannya.

Makanan yang begitu nampak lezat ini adalah Abon Gulung khas Manokwari, Papua Barat. Abon Gulung ini merupakan makanan yang begitu terkenal di Manokwari. Bahkan, wisatawan yang berasal dari luar Papua pun banyak yang rela datang jauh hanya untuk membeli salah satu oleh-oleh kuliner Papua ini. Namun, perlu diketahui bahwa makanan ini asli berasal dari Manokwari, begitu pun dengan variasi-variasi lain yang dikembangkan dari Abon Gulung ini.

Dinamakan Abon Gulung karena memang pada dasarnya makanan ini adalah abon dalam jumlah banyak yang dibungkus dengan roti gulung. Abon ini sangat lembut ketika digigit, namun sangat padat ketika mulai dikunyah. Begitu padatnya, hingga menyantap makanan ini satu saja sudah membuat perut kenyang. Walau membuat kenyang, rasanya yang unik tidak akan membuat bosan untuk memakannya. Abon Gulung memang terdiri dari bahan utama abon sapi khas buatan industri rumahan, namun di dalam pengembangannya Abon Gulung ini mempunyai beberapa variasi. Misalnya, abon gulung rasa pedas, abon gulung asin, rasa coklat, abon isi sosis atau abon gulung yang diberi susu dalam penyajiannya. Berbagai variasi ini dimaksudkan agar para penikmat kuliner ini tidak bosan dengan 1 macam jenis Abon Gulung saja.

Tidak hanya nikmat, ternyata Abon Gulung ini juga mempunyai kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Bayangkan saja, di dalam satu potong Abon Gulung terdapat kandungan protein, karbohidrat, kalsium, bahkan fosfor dan berbagai jenis vitamin. Bahkan, berbagai kandungan ini dipercaya mampu memberikan tenaga bagi tubuh dan kekebalan terhadap banyak penyakit.

Biasanya, Abon Gulung dijual dengan berbagai macam penyajian. Umumnya, para pembeli yang membelinya sebagai buah tangan akan ditawari dengan kemasan karton berukuran kecil dan berisi 10 buah hingga yang terbesar berisi sekitar 30 buah. Harganya pun beragam tergantung pesanan dan jenis Abon Gulungnya, yang pasti kemasan mini Abon Gulung dapat dibeli dengan harga sekitar 80 ribu rupiah. Harga ini memang termasuk mahal, namun bila kita kembali melihat bentuk dan rasa makanan ini, tampaknya harga ini sebanding dan layak untuk dibayarkan.

Menyantap Abon Gulung ini seperti tidak ada bosannya. Walaupun makanan ini dapat dengan mudah membuat perut kenyang, namun citarasanya membuat lidah seperti tidak ingin berhenti mengecapnya. Tidak heran bila makanan ini menjadi oleh-oleh favorit dari Manokwari, kombinasi rasa nikmat dan porsi yang mengenyangkan sangat cukup untuk menjadi alasannya. [@phosphone/IndonesiaKaya]