Danau Tamblingan

Danau Tamblingan

Foto : Tim Indonesia Exploride

Danau Tamblingan berada di Kecamatan Sukasada, sekitar 21 kilometer di sebelah selatan Kota Singaraja. Berada di ketinggian kurang lebih 1.000 meter di atas permukaan laut, membuat suasana di kawasan danau menjadi terasa sangat sejuk dan asri karena dikelilingi pegunungan yang hijau oleh pepohonan. Di sini, tim Indonesia Exploride sempat menikmati pemandangan alam yang indah sambil beristirahat menghirup sejuknya udara.

Keberadaan Danau Tamblingan bagi wisatawan seolah tidak bisa dipisahkan dari Danau Buyan. Kedua danau ini biasa disebut sebagai danau kembar karena letaknya yang berdekatan. Keadaan alam di sekitar danau masih sangat alami serta memesona, belum banyak disentuh tangan-tangan modernitas.  Penduduk sekitar saat melakukan kegiatan di danau hanya menggunakan perahu-perahu tradisional yang disebut dengan “pedahu”. Jadi, jika ingin menyusuri danau, jangan berharap akan diantar dengan perahu bermotor.

Di kawasan danau, ada beberapa jenis kegiatan alami yang ditawarkan bagi para wisatawan. Seperti kegiatan berkelana alam di hutan tropis dan mengarungi danau dengan menggunakan perahu tradisional. Wisatawan yang menginginkan ketenangan memang sangat cocok berkunjung ke tempat ini, deru bising mesin kendaraan bermotor yang biasanya mengisi seluruh sudut kota besar, tidak akan ditemukan di sini. Danau ini memiliki luas sekitar 1,9 kilometer kuadrat, dan kedalamannya mencapai maksimal 90 meter.

Danau Tablingan terletak di lokasi yang cukup strategis, berada di jalur menuju Bedugul – Munduk – Singaraja. Selain itu, tempat ini juga berdekatan dengan tiga obyek wisata lainnya, seperti Puran Ulun Danu di Bedugul,  Air Terjun Git-git, dan Pantai Lovina. [TimIndonesiaExploride/IndonesiaKaya]