Dodol Garut

Dodol Garut

Foto : Tim Indonesia Exploride

Dodol Garut sudah lama dan sering menjadi buah tangan, yang sering dibawa para wisatawan yang berkunjung ke daerah Garut. Penganan ini pun bahkan sudah berhasil menempatkan Garut sebagai daerah penghasil dodol yang berkualitas tinggi. Saking terkenalnya, dodol ini bisa ditemukan di sebagian besar daerah di Indonesia.

Industri Dodol Garut sendiri mulai dikembangkan oleh seorang pengusaha bernama Ibu Karsinah sejak tahun 1926, dan terus bertahan dan berkembang hingga saat ini. Proses pembuatannya terbilang sederhana, sementara bahan bakunya yang berupa tepung beras ketan, gula putih, susu, serta kelapa juga mudah diperoleh.Meski tidak menggunakan bahan pengawet, tetapi Dodol Garut bisa tahan hingga tiga bulan.

Salah merek dagang Dodol Garut yang sudah sangat terkenal di Indonesia adalah Dodol Garut Picnic, yang diproduksi oleh PT. Herlinah Cipta Pratama, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan dan perdagangan umum. Hingga kini, perusahaan ini sudah memproduksi Dodol Garut dalam berbagai rasa dan kemasan. Ada rasa susu, coklat, wijen, durian, serta dodol rasa lain yang dikemas dalam kotak kardus kecil maupun plastik ukuran ekonomis. Tidak hanya tersebar di sebagian besar wilayah Indonesia, Dodol Garut Picnic ini pun ternyata sudah dipasarkan hingga ke negeri tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. [TimIndonesiaExploride/IndonesiaKaya]