Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Eksotisme 'Gurun Pasir' Khas Pantai Oetune, Timor Tengah Selatan

Eksotisme 'Gurun Pasir' Khas Pantai Oetune, Timor Tengah Selatan

Selain Pantai Kolbano-nya, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) juga memiliki sejumlah obyek wisata lainnya yang menjajikan. Masih sejajar dengan Pantai Kolbano, terdapat sebuah pantai yang cukup unik dengan hamparan pasir putihnya. Pantai Oetune namanya, Keindahannya bahkan dapat disandingkan dengan beberapa jajaran pantai indah lainnya di Indonesia.

Pantai Oetune terletak di Oebelo, Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Oetune sangatlah berbeda dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Selain hamparan pasir putihnya yang begitu lembut, Pantai Oetune juga memiliki gelombang ombak pecah yang sangat unik di setiap gulungannya. Di sepanjang batas pantainya juga tumbuh Pohon Kasuari yang berjarak 6-8m, dan diperkirakan berusia hingga puluhan tahun.

Tak jauh dari lokasi pantainya, terdapat sebuah hamparan lautan padang pasir dengan luas mencapai 100 meter persegi di sepanjang pantainya, layaknya gurun pasir di Negeri Timur Tengah. Tak hanya berekreasi pantai saja, pengunjung juga dapat menikmati keindahan Oetune dengan bermain-main di sekitar kawasan gurun pasirnya. Keindahan panorama pasir putih dengan balutan birunya laut dan langit semakin menambah keelokan pantai ini. Jajaran Pohon Lontar juga ikut menghiasi lanskap Pantai Oetune. Anak-anak di sekitar lokasi juga akan dengan senang hati menawarkan dan menjajakan buah Lontar kepada para pengunjung di sekitar pantai. Hanya dengan mengeluarkan sekitar 3.000-5.000 per buahnya, pengunjung sudah dapat menikmati kesegaran air dan daging buah lontar ini sambil menikmati pesona laut dan padang pasir khas Oetune.

Akses Menuju Lokasi Wisata
Berjarak sekitar 115 km dari Kota Kupang, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2,5-3 jam lamanya. Pengunjung dapat menyewa kendaraan terlebih dahulu di Kota Kupang ataupun menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi pantai. Pengunjung harus melintasi jalur lintas selatan yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada awal tahun 1990-an dengan kondisi jalan bervariatif, mulai dari jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun bukit dan lembah. Namun di sepanjang perjalanan menuju pantai, hamparan perbukitan serta rumah-rumah penduduk khas Timor akan menemani perjalanan Anda. Kurang lebih setelah 2,5 jam berkendara, Anda akan menemukan persimpangan yang apabila lurus maka akan menuju Pantai Kolbano. Letak Pantai Oetune berada di sebelum kawasan Pantai Kolbano. Di kanan jalan Anda akan melihat beberapa spanduk dan baliho mengenai wisata Pantai Oetune, kemudian arahkan kendaraan Anda belok ke kanan menuju lokasi.

Harga Tiket Masuk (HTM)
Pengunjung akan dikenakan tarif masuk sebesar 3.000 rupiah dan 1.000 rupiah untuk biaya parkir motornya.

Fasilitas
Di sekitar lokasi panai, sudah terdapat beberapa fasilitas penunjang bagi para pengunjungnya seperti jajaran lopo-lopo (rumah khas warga Pulau Timor) dengan jumlah 7-9 lopo dan 1 buah lopo induk di tengahnya, yang dapat digunakan sebagai tempat untuk bersantai sejenak. Selain itu juga terdapat toilet dan juga kamar bilas, yang dapat digunakan para pengunjung untuk mandi dan berbilas setelah bermain air di pantai. Di sekitar pantai, juga trdapat beberapa kios kecil yang menjajakan makanan dan minuman ringan. Anak-anak lokal setempat juga biasa menjajakan buah Lontar kepada para pengunjung Pantai Oetune. [Anggey/IndonesiaKaya]