Festival Raja Ampat

Festival Raja Ampat

Foto : Barrykusuma

Festival Bahari Raja Ampat diadakan di Ibukota Kabupaten Raja Ampat, Waisai yang berada di Pulau Waigeo. Pagelaran utama festival bahari tersebut difokuskan kepada wisata bahari. Yang salah satunya penyelaman di lokasi Diving yang masuk dalam 10 besar Lokasi penyelaman terindah di Dunia.

Kabupaten Raja Ampat di Propinsi Papua Barat ini ingin tetap mempertahankan popularitasnya sebagai kawasan bahari terbaik di Indonesia dengan melaksanakan festival bahari secara rutin. Dan menampilkan kekayaan alam, seni dan budaya.

Festival Bahari ini dilaksanakan di Pusat Ibukota Waisai, yang letaknya 3 jam perjalanan speedboat dari Kota Sorong Papua. Yang menarik dari Festival ini adalah, mereka mengundang seni dan budaya dari kabupaten lainnya di Papua. Selain itu Kabupaten Wakatobi juga diikutkan serta dalam Festival Bahari ini.

Beberapa rincian festival yaitu Lomba Foto Bawah Laut, Lomba Perahu Dayung, orientasi bawah air, olahraga pantai seperti voli dll, dan atraksi budaya lokal. Atraksi budaya lokal akan ditampilkan oleh masyarakat Raja Ampat dan peserta dari kabupaten lain.

Biasanya Festival Bahari Raja Ampat ini diadakan pada pertengahan tahun sekitar bulan Agustus, sangat menarik untuk pergi ke Raja Ampat pada saat Festival. Karena banyak sekali tarian dan budaya yang ditampilkan di festival ini. Salah satunya adalah atraksi Tari – tarian khas daerah Papua, dan yang sangat menarik untuk saya adalah banyaknya makanan khas Papua yang dimunculkan disini.

Selain itu masyarakat Raja Ampat setempat siap mempertontonkan perahu tradisionalnya yang digunakan nenek moyangnya untuk mengarungi lautan. Masyarakat Raja Ampat juga akan mempertontonkan kebiasaan mengonsumsi buah. Di festival ini pengunjung bisa menikmati makanan khas Papua secara gratis.

Festival Bahari Raja Ampat diagendakan menjadi kegiatan tahunan untuk meningkatkan arus wisatawan. Saat ini, di Papua terdapat Festival Lembah Baliem di Wamena Kabupaten Jayawijaya, Festival Asmat, Festival Kamoro di Timika, dan Festival Danau Sentani di Jayapura.

Selain itu wisatawan juga dapat menikmati dan melanjutkan kunjungan dengan mendatangi berbagai lokasi wisata alam Raja Ampat yang terkenal sebagai untaian jamrud di Papua. Ini karena Raja Ampat terdiri dari ratusan pulau-pulau kecil. [BarryKusuma/IndonesiaKaya]