Gamelan Bali, Gamelan Pengiring Ritual-Ritual Adat di Bali

Gamelan Bali, Gamelan Pengiring Ritual-Ritual Adat di Bali

Kesenian Bali

Gamelan selama ini identik dengan kebudayaan Jawa. Namun, di Pulau Dewata, Bali, ternyata alat musik ini juga menjadi bagian dalam kesenian khas pulau yang terkenal dengan keindahannya ini.

Gamelan atau di Bali dikenal dengan sebutan gambelan biasa digunakan dalam acara-acara prosesi ritual adat seperti upacara kematian yang kita kenal dengan tradisi ngaben. Sementara untuk upacara manusia yadnya digunakan gender dan untuk upacara di pura biasanya digunakan gong gede.

Dilihat dari sisi perkembangan jaman, gamelan Bali dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu, gamelan wayah, jenis gamelan tua ini diperkirakan telah ada sebelum abad XV. Gamelan ini umumnya didominasi oleh alat-alat berbentuk bilahan dan tidak mempergunakan alat musik kendang.

Jenis kedua adalah gamelan madya. Gamalan ini berasal dari sekitar abad XVI-XIX. Pada era ini barungan gamelan sudah memakai kendang dan instrumen-instrumen bermoncol (berpencon). Dalam barungan ini, kendang sudah mulai memainkan peranan dalam sebuah pertunjukan

Terakhir adalah gamelan anyar. Gamelan ini termasuk jenis golongan baru, yang meliputi jenis-jenis barungan gamelan yang muncul pada abad XX. Barungan gamelan ini nampak pada salah satu ciri yang paling menonjol yakni pada permainan kendang. [Tauhid/IndonesiaKaya]