Goa Rangko: Kolam Renang Pribadi di Nusa Tenggara Timur

Goa Rangko: Kolam Renang Pribadi di Nusa Tenggara Timur

Pariwisata Nusa Tenggara Timur

Saat ini kebutuhan akan berwisata bagi masyarakat Indonesia sangat meningkat, terutama bagi sebagian masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan yang kesehariannya harus berjibaku dengan kesibukan pekerjaan dan hingar bingar kota. Melarikan diri ke suatu tempat wisata untuk sejenak merasakan keheningan di luar ibu kota merupakan pilihan yang menggiurkan. Namun tentunya akan sedikit mengecewakan ketika suasana yang diharapkan tidak ditemukan karena tempat yang dikunjungi pun dipenuhi orang - orang yang sama mencari pelarian dari segala rutinitas.

Jika mencari tempat wisata yang tenang dan belum terjamah, cobalah berkunjung ke Goa Rangko yang terletak di Desa Rangko, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang dapat diakses dari Labuan Bajo dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Goa yang sering juga disebut Goa Buaya ini—walaupun tidak ada buata ditemukan di sekitarnya—bisa dijadikan salah satu alternatif wisata setelah atau sebelum berkunjung ke Taman Nasional Komodo.

Goa Rangko ibarat sebuah kolam renang pribadi yang menawarkan keheningan bagi siapapun yang mampir untuk merasakan kesegaran air yang ada di dalamnya. Air yang terdapat di dalam goa merupakan air asin. Air tersebut bersumber dari air laut, hal ini disebabkan karna terdapat rongga-rongga atau celah yang menghubungkan kolam di dalam goa dengan laut lepas. Bagian atas Goa Rangko dipenuhi ornamen-ornamen stalaktit yang cantik dengan beragam bentuk tak beraturan. Bagusnya, tidak ditemui kelelawar seperti di goa-goa pada umumnya, sehingga suasana sunyi akan semakin dirasakan oleh para pengunjung yang datang ke goa ini. Jika ingin berkunjung ke Goa Rangko, ada baiknya untuk berangkat sepagi mungkin dari Labuan Bajo, karena waktu yang sangat pas untuk menikmati keindahan alam dari lokasi ini adalah pada pukul 12.00 hingga 14.00, dimana pada waktu tersebut sinar matahari akan masuk ke lubang goa dan dapat membantu penerangan di dalam goa, sehingga birunya kolam pribadi Goa Rangko pun dapat dilihat.

Untuk mencapainya, pengunjung dapat menyewa perahu milik para nelayan di sekitar desa. Goa Rangko masih jarang didatangi oleh wisatawan karena memang belum banyak informasi yang membahas obyek wisata ini, ditambah belum ada transportasi mendukung yang dikhususkan untuk kunjungan ke goa tersebut. Maka dari itu, bagi anda yang ingin mencari ketenangan sekaligus bersantai di kolam alami yang dimiliki Goa Rangko, destinasi ini dapat dimasukan ke daftar tujuan liburan anda berikutnya. [Rizal/IndonesiaKaya]