Gohu Ikan: Primadona Kuliner Ternate

Gohu Ikan: Primadona Kuliner Ternate

Kuliner Maluku Utara

Siapa bilang kalo makanan Sashimi atau daging ikan mentah yang disajikan untuk langsung disantap hanya dimiliki oleh Bangsa Jepang?

Tahukah Anda, bahwa Indonesia pun memiliki beberapa makanan khas yang terbuat dari daging ikan mentah? Salah satu wilayah yang memilikinya adalah Maluku Utara, khususnya Ternate. Secara umum, kuliner di wilayah Ternate memang banyak dipengaruhi oleh dua wilayah Maluku dan Sulawesi utara. Seperti halnya bahasa sehari-hari di Ternate, untuk makanan pun juga memiliki citarasa khas Maluku dan Sulawesi bagian utara. Hal ini sangat wajar, mengingat posisi geografis Ternate yang berada lebih dekat ke Sulawesi utara namun masih menjadi satu wilayah dengan Maluku Utara.

Salah satu hasil kuliner khas Ternate yang menyerupai Sashimi Jepang ini adalah Gohu Ikan. Untuk penyebutan makanan ini, diharuskan lengkap karena bila kita menyebutkan hanya Gohu saja dikhawatirkan sama dengan makanan khas lain dari Sulawesi yang berupa rujak papaya muda. Makanan ini adalah sajian kuliner yang sama juga dengan Ikan Gohu dari pesisir Sulawesi Utara, hanya berbeda di penyebutan nama saja.

Berbahan dasar ikan Tuna atau Cakalang mentah, Gohu Ikan juga sering disebut Sashimi Ternate oleh beberapa orang. Cara membuat makanan ini pun sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Biasanya Ikan Tuna atau Cakalang dipotong menyerupai dadu, dicuci kemudian dilumuri dengan garam dan perasan lemon. Setelah itu, daun kemangi pun dicampurkan dan adonan ini pun didiamkam selama beberapa saat. Sembari menunggu bumbu untuk meresap, Anda dapat menyiapkan rajangan bawang merah dan cabe rawit yang ditumis dengan sedikit minyak kelapa. Setelah aromanya muncul, maka tumisan minyak ini dapat langsung disiramkan ke dalam adonan ikan yang sudah didiamkan beberapa saat, kemudian Gohu Ikan pun siap untuk disajikan.
    
Untuk rasa, makanan khas Ternate ini tidak perlu diragukan lagi. Walaupun masih berupa ikan laut mentah, namun aroma amis sama sekali tidak terasa. Menurut beberapa juru masak yang sangat fasih memasak makanan ini, aroma amis sudah hilang dengan sendirinya ketika daging ikan dicampur perasan lemon dan garam. Selain itu, tingkat kementahan daging pun berkurang ketika didiamkan beberapa saat. Finalnya adalah saat minyak kelapa tumisan cabe dan bawang merah disiramkan, Gohu Ikan sebenarnya sudah dalam kondisi layak makan.
    
Gohu ikan memiliki citarasa yang unik. Rasa asam segar, gurih dan sedikit manis bercampur dengan kenyalnya daging ikan segar. Makanan ini tidak hanya nikmat namun juga menyehatkan karena tidak menggunakan bahan kimia sama sekali. Biasanya, Gohu Ikan menjadi makanan pendamping ketika Anda menikmati nasi atau bubur sagu. Sudah pasti, Anda tidak akan kecewa menikmati Gohu Ikan khas Ternate ini. Selain harganya terjangkau, memasaknya mudah, dan rasanya pun luar biasa.[Phosphone/IndonesiaKaya]