Grojogan Sewu

Grojogan Sewu

Foto : Tim Indonesia Exploride

Grojogan Sewu berarti air terjun seribu, sebuah kawasan wisata di lereng Gunung Lawu, yang terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Ketika membicarakan daerah Tawangmangu, biasanya Grojogan Sewu langsung terlintas di pikiran karena keindahan alam obyek wisata ini memang sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda.

Meski Grojogan Sewu berarti air terjun seribu, tetapi air terjun di lokasi ini tidak berjumlah seribu. Hanya ada sejumlah titik air terjun dan yang paling tinggi tercurah dari ketinggian sekitar 80 meter.

Pengunjung harus berjalan melewati 1.250 anak tangga agar bisa mencapai air terjun ini. Sejuknya udara dan indahnya panorama sekitar langsung menghapus rasa lelah.

Dengan menggunakan kendaraan bermotor, kawasan wisata yang berjarak 42,5 kilometer dari kota Solo ini bisa dicapai sekitar 60–75 menit. Sementara Grojogan Sewu berjarak 27 kilometer di sebelah timur kota Karanganyar. Untuk menuju air terjun, pengunjung harus berjalan kaki atau naik kuda melewati hutan wisata milik perhutani. Tempat ini dapat diakses publik dengan tiket masuk Rp 6.000. [TimIndonesiaExploride/IndonesiaKaya]