Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Gunung Colo, Gunung Berapi Terpencil di Teluk Tomia

Gunung Colo, Gunung Berapi Terpencil di Teluk Tomia

Kawasan Indonesia yang termasuk kedalam kawasan cincin api membuat deretan gunung berapi aktif dapat ditemukan di sepanjang wilayah Indonesia. Tak terkecuali di Provinsi Sulawesi Tengah. Provinsi yang dikenal dengan tempat bernaungnya beberapa kepulauan yang menjadi surga wisata bawah laut di Indonesia seperti Kepulauan Togean dan Pulau Kadidiri, juga memiliki gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Gunung berapi tersebut dikenal dengan nama Gunung Colo, tepat berada di Pulau Una-una, Kabupaten Tojo Unauna, Provinsi Sulawesi Tengah. Aktivitas Vulkanik Gunung Colo ditandai oleh gempa vulkanik yang terjadi dari dalam gunung. Jika statusnya tidak membahayakan, para pengunjung dapat menjadikan gunung ini sebagai salah satu alternatif kunjungan jika sedang berada di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean.

Pulau Una-una yang menjadi tempat berdiamnya Gunung Colo terbentuk karena letusan gunung tersebut. Gunung yang berada di Teluk Tomini ini terakhir kali meletus pada 23 Juli 1983. Pada saat erupsi, Gunung Colo yang dalam Bahasa Bugis berarti Korek Api, menimbulkan efek yang cukup dahsyat dimana dua per tiga wilayah Pulau Una-una hangus terbakar. Letusannya menyisakan sebuah danau yang dikelilingi rerumputan hijau yang memenuhi area puncak Gunung Colo, juga beberapa guunung baru seperti Gunung Ambu dan Gunung Sokora. Dengan ketinggian 508 meter di atas permukaan laut, gunung ini dapat dicapai dengan waktu tempuh sekitar dua hingga tiga jam. Jalur yang dilalui merupakan jalur lahar yang dipenuhi  bebatuan vulkanik dengan beragam ukuran.

Selepas mengunjungi Gunung Colo, para pengunjung dapat menikmati keanekaragaman wisata bahari yang ditawarkan oleh Pulau Una-una. Pulau yang juga merupakan pulau penghasil kopra dan cengkeh bagi Provinsi Sulawesi Tengah ini juga dikenal dengan keindahan bawah lautnya. Kombinasi pasir pantai di Pulau Una-una yang berwarna hitam dan putih hasil dari letusan Gunung Colo juga menambah daya tarik tersendiri dari pulau kecil satu ini. Untuk mengunjungi Pulau Una-una dan merasakan langsung sensasi petualangan dari Gunung Colo, dapat dicapai menggunakan speedboat dari beberapa titik seperti Gorontalo, Pulau Batudaka, dan Pulau Kadidiri. Gabungan antara wisata laut dan gunung di Pulau Una-una menjadikan pulau ini sebagai tujuan wisata yang memiliki paket komplit di Sulawesi Tengah. [Rizal/IndonesiaKaya]