Indahnya Pantai Atapupu Di Kota Perbatasan Atambua

Indahnya Pantai Atapupu Di Kota Perbatasan Atambua

Pariwisata Nusa Tenggara Timur

Bagi yang belum pernah mendengar, Kota Atambua di Pulau Timor ini merupakan pintu gerbang untuk menuju perbatasan RI-Timor Leste. Letak kota ini memang berbatasan langsung dengan Timor Leste, tepatnya berada di Desa Motaain, berjarak sekitar 30 km dari Kota Atambua.

Lebih dikenal sebagai kota perbatasan, alam di sekitar Atambua pun memiliki pesona keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Bagi kalian yang hendak mengunjungi perbatasan antara RI-Timor Leste dari Kota Atambua, akan dibuat terkagum-kagum dengan pemandangan di sepanjang jalannya. Tak banyak yang mengira bahwa ternyata sepanjang jalan dari Motaain-Atambua, terdapat jajaran pantai berpasir putih salah satunya adalah Pantai Atapupu. Apabila Anda berkendara dari Desa Motaain ke Kota Atambua, maka Anda akan melihat pantai ini di sisi kanan jalan.

Pantai ini juga lebih dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama Pantai Sukaerlaran atau Pantai Pasir Putih. Pantai ini memang dibalut dengan hamparan pasir putih dan pepohonan  rindang nan asri di sekelilingnya. Di pantainya pun, pepohonan bakau nampak terlihat menghiasi pantai ini di sisi kanan dan kirinya. Perpaduan gundukan pasir putih dipadu dengan pepohonan hijau membuat suasana di Pantai Atapupu terasa sejuk meski di siang hari yang terik sekalipun.

Pantai Atapupu bertipikal pantai dengan topografi yang datar dan dangkal. Pengunjung dapat berekreasi pantai seperti berenang, bermain bola atau sekedar bermain air sambil menikmati suasana alam di pantai ini. Selain itu juga karena airnya yang cukup jernih menjadikan para pengunjungnya merasa aman untuk berlama-lama bermain air di pantai. Pantai Atapupu juga merupakan tempat favorit warga setempat, terutama para muda-mudinya untuk menyaksikan panorama keindahan matahari terbenam di sore harinya.

Tak heran jika pada hari libur, pantai ini akan terlihat ramai oleh pengunjung yang mayoritasnya adalah masyarakat lokal setempat. Tak jarang juga warga negara Timor Leste yang hendak menuju Atambua, terlihat mengunjungi pantai yang belum terlalu dikenal oleh para wisatawan di luar kota ini.

Akses Menuju Lokasi
Para pengunjung dapat menggunakan jasa ojek ataupun menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke pantai ini. Berada di jalur utama trans Atambua-Timor Leste menjadikan lokasi pantai ini sangat mudah untuk dijangkau dan ditemukan. Jarak dari Kota Atambua yaitu sekitar ± 24 km ke arah utara dan memakan waktu tempuh sekitar 1 jam lamanya. Kondisi jalan menuju lokasi pantai ini sudah beraspal bagus.  

Harga Tiket Masuk (HTM)
Pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 5.000 rupiah/ orangnya. Dan bagi yang membawa kendaraan bermotor akan dikenakan biaya tambahan parkir dengan tarif 5.000 rupiah/ motornya dan 10.000 rupiah  bagi kendaraan beroda empat.

Fasilitas
Selain MCK, hanya terdapat beberapa lopo dan tempat duduk di sekitar pantai yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk bersantai sejenak sambil menikmati keindahan pantai. Atau bagi pengunjung yang tertarik untuk berkeliling menyusuri keindahan Pantai Atapupu dan Motaain, dapat menyewa sampan tradisional para nelayan setempat. Fasilitas pendukung di sekitar pantai nampaknya kurang mendapat perhatian dari dinas pariwisata setempat. Diharapkan juga ke depannya pantai ini lebih mendapatkan perhatian dari pemerintah. [Anggey/IndonesiaKaya]