Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Jus Buah Gandaria: Perpaduan Jus Mangga dan Jeruk Dengan Manfaat Luar Biasa

Jus Buah Gandaria: Perpaduan Jus Mangga dan Jeruk Dengan Manfaat Luar Biasa

Indonesia adalah Negara dengan wilayah tropis yang menguntungkan secara alamiah. Kondisi ini membuat Indonesia mempunyai lebih banyak sumber daya alam dibanding Negara-negara di luar wilayah tropis. Salah satu kelebihannya adalah banyak jenis tanaman pangan yang dapat tumbuh di Indonesia dan akhirnya masyarakat Indonesia pun bisa memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan pangan. Salah satu wilayah yang subur ditumbuhi tanaman pangan ini adalah wilayah Indonesia Timur, khususnya Pulau Ambon.

Pulau Ambon menyimpan banyak sekali kekayaan alam dan salah satu hasil dari kekayaan ini adalah buah-buahan yang tumbuh subur dan bermanfaat bagi penduduknya. Dari sekian banyak buah-buahan yang dihasilkan tanah Ambon, ada satu yang sering kita dengar namanya namun bagi penduduk Indonesia Barat jarang sekali yang tahu bentuknya, apalagi rasanya. Buah ini bernama Gandaria. Mendengar namanya, yang terbayang hanyalah nama daerah di DKI Jakarta dan tidak terpikir sama sekali jika buah yang satu ini merupakan buah dengan banyak manfaat.

Sebenarnya tidak hanya buahnya, namun hampir seluruh bagian dari tanaman Gandaria memiliki manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia. Batang kayu dari tanaman ini dapat digunakan sebagai papan, daunnya dapat dimakan sebagai lalapan, dan buahnya dapat dikonsumsi baik dalam keadaan matang atau masih agak muda. Buah yang sudah matang bisa dimakan begitu saja atau disajikan menjadi minuman, sedangkan yang masih muda biasanya dirujak atau dijadikan pelengkap olahan sambal dadakan. Buah Gandaria berbentuk bulat kecil dengan kulit tipis membungkus daging buahnya, sedangkan bijinya berbentuk sedikit oval dan cukup keras untuk buah berukuran kecil ini. Banyak manfaat dari buah Gandaria, beberapa diantaranya adalah sebagai sumber vitamin C dan sebagai antioksidan pencegah berkembangnya sel kanker pada tubuh manusia.

Salah satu cara pengolahan buah Gandaria menjadikannya minuman jus. Untuk membuat minuman jus ini, kita membutuhkan buah Gandaria yang sudah matang dan berwarna kekuningan. Sebelum di satukan dalam mesin jus, buah Gandaria harus dikupas dan dipisahkan dari bijinya. Tanpa di jus, buah ini sudah terasa nikmat. Rasanya perpaduan antara manis dan asam layaknya Buah Mangga dipadukan Jeruk. Tekstur Jus buah Gandaria pun mirip seperti jus Mangga yaitu tidak terlalu cair, namun kaya akan serat buah. Dengan menjadikannya minuman jus, serat buah Gandaria akan semakin terasa dan berdampak positif bagi siapapun yang meminumnya.

Buah Gandaria adalah buah yang cukup mudah ditemukan di Maluku, khususnya Ambon. Tanaman Gandaria tumbuh dengan baik di seluruh wilayah Ambon, baik dataran rendah maupun dataran tingginya. Namun perlu diketahui bahwa Gandaria adalah buah musiman. Masa panen buah Gandaria biasanya sekitar Bulan September-Desember, namun penjualnya masih bisa ditemui hingga bulan Februari. Pada bulan-bulan tersebut Buah Gandaria akan banyak kita temukan di sepanjang jalan-jalan kota Ambon. [Phosphone/IndonesiaKaya]