Kampung Nelayan Labuan Bajo

Kampung Nelayan Labuan Bajo

Foto : Tim Indonesia Exploride

Dilihat dari arah laut, kota ini tidak begitu kelihatan karena ditutupi oleh banyaknya kapal yang bersandar di pelabuhan. Jalan Soekarno-Hatta, yang dalam peta situs luar negeri disebut dengan Trans Flores Highway, dua kilometer memanjang sesejajar dengan pantainya. Labuan Bajo namanya.

Kota kecil yang menjadi ibu kota Kabupaten Manggarai Barat ini terletak di ujung barat Pulau Flores. Memiliki panorama laut yang sangat indah, membuatnya menjadi salah satu obyek wisata di Nusa Tenggara Timur. Dan nama Labuan Bajo semakin dikenal wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, karena menjadi tempat persinggahan ketika akan berkunjung ke Taman Nasional Komodo.

Ada sekitar 80 pulau yang tersebar di kawasan Manggarai Barat, termasuk Pulau Komodo dan Rinda yang menjadi habitat kadal raksasa yang bernama komodo. Beberapa pulau kecil lainnya pun sudah menjadi obyek wisata tersendiri, seperti Pulau Bidadari yang memiliki kawasan perairan jernih dan terumbu karang yang indah, bisa dicapai dari Labuan Bajo dengan menghabiskan setengah hari perjalanan menumpang perahu motor.

Labuan Bajo dianggap sebagai kampung nelayan, dan panorama pelabuhannya yang indah, juga dihiasi oleh ramainya kapal-kapal nelayan. Sementara dipinggir pelabuhan berderet rumah-rumah nelayan yang bagian depannya dijadikan tempat untuk mengeringkan ikan yang kemudian akan dijual. Tidak hanya ikan kering, ikan-ikan segar pun dijual di dermaganya. Sebagian penduduk Labuan Bajo memang bekerja sebagai pencari ikan atau nelayan, namun ada juga yang bercocok tanam di daerah dataran tinggi.

Berkunjung atau singgah sejenak ke obyek wisata ini terasa nyaman bagi wisatawan karena tersedia banyak penginapan, mulai dari hotel kelas melati hingga hotel berbintang. Jalan utamanya, yaitu Jalan Soekarno Hatta, menjadi pusat perniagaan di mana wisatawan bisa menemukan toko kelontong, restoran, hotel, losmen, agen perjalanan, tempat penukaran uang, penyedia jasa aktivitas menyelam, hingga salon.

Labuan Bajo memang menjadi salah satu pintu untuk memasuki Pulau Flores, yang bisa diakses melalui Sumbawa dengan menumpang kapal feri atau naik bus dari Ende dan Maumere. Atau dengan pesawat kecil yang bisa mendarat di Bandara Komodo. Salah satu rute penerbangannya adalah  Labuan Bajo - Denpasar. [TimIndonesiaExploride/IndonesiaKaya]