Kemeriahan Kostum Tradisional dalam Parade Budaya HUT Taman Mini Indonesia Indah

Kemeriahan Kostum Tradisional dalam Parade Budaya HUT Taman Mini Indonesia Indah

Tradisi Jakarta

Satu persatu peserta dari masing-masing provinsi di Indonesia menunjukan atraksi kebudayaannya di halaman plaza Tugu Api Taman Mini Indonesia Indah. Sore itu, Taman Mini terlihat lebih semarak dari biasanya berkat parade budaya nusantara yang digelar untuk memeriahkan ulang tahun Taman Mini yang ke-40 ini.

Parade ini mendapat sambutan meriah dari para penonton yang sore itu memadati halaman lokasi parade berlangsung. Peserta dari Jawa Tengah menjadi peserta parade pertama yang tampil di arena Plaza Tugu Api. Setelah Jawa Tengah, hadir kontingen dari Yogyakarta yang membawa miniatur Gunung Merapi lengkap dengan letusan-letusan petasan. Bunyi petasan di udara ini mendapat sambutan meriah dari penonton yang memadati area Taman Mini.

Kontingen dari DKI Jakarta juga tidak mau kalah untuk ambil bagian dalam parade budaya ini. Sebagai tuan rumah, kontingen Jakarta menampilkan ondel-ondel yang merupakan salah satu boneka tradisional masyarakat Betawi. Selain itu, dalam rombongan parade DKI Jakarta juga ada tari-tarian serta serah-serahan yang biasa dibawa saat pernikahan tradisional betawi digelar.

Sementara kontingen Nusa Tenggara Barat hadir dengan gendang tradisional khasnya yakni gendang beleq. Para pemain gendang beleq ini berjalan hingga ke tengah arena dan di depan para hadirin mereka mempertunjukan atraksi memainkan gendang khas yang biasa kita temui di Lombok ini.

Kontingen Nusa Tenggara Timur menjadi kontingen terakhir yang tampil dalam parade budaya nusantara. Dengan kostum khas, mereka menutup kemeriahan parade budaya yang digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun Taman Mini Indonesia Indah ke-40 tahun ini. [Tauhid/IndonesiaKaya]