Kerajinan Tangan Kalimantan Timur, Wujud Warisan Budaya Nusantara

Kerajinan Tangan Kalimantan Timur, Wujud Warisan Budaya Nusantara

Kerajinan tangan khas Kalimantan Timur merupakan salah satu warisan budaya yang belakangan mulai meredup keberadaannya. Aneka bentuk kerajinan tangan berbentuk anyaman yang terbuat dari bambu yang selama ini menjadi contoh bentuk budaya lokal ini perlahan-lahan mulai ditinggalkan pemakaiannya dan berganti dengan alat-alat modern sesuai perkembangan zaman.

Bentuk-bentuk kerajinan tangan khas Kalimantan Timur seperti nampan tray, cahung, saung seling, raung tamar, solong penias, reing atau keranjang menjadi kerajinan yang sudah dibuat secara turun-temurun. Kerajinan ini menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Seperti solong penias, kerajinan berbentuk seperti bakul, misalnya yang digunakan untuk meletakan benih padi yang akan ditanam pada saat musim tanam padi tiba.

Solong penias banyak digunakan oleh masyarakat Paser, Kalimantan Timur, untuk menyimpan benih padi. Meskipun perlahan kerajinan ini hampir punah dan mulai tergantikan dengan alat yang lebih modern seperti botol-botol plastik namun nilai kearifan lokal dari kerajinan ini tidak akan bisa tergantikan. [Tauhid/IndonesiaKaya]