Klenteng Boen Tek Bio

Klenteng Boen Tek Bio

Inilah klenteng tertua di Kota Tangerang. Terletak di Jalan Bhakti No. 14 Kota Tangerang, Klenteng Boen Tek Bio diperkirakan dibangun pada tahun 1684. Klenteng ini dibangun oleh seorang tuan tanah (kapitan).

“Boen” memiliki arti intelektual, “tek” berarti kebajikan, sementara “bio” berarti tempat ibadah. Secara etimologi, “boen tek bio” berarti tempat bagi umat manusia untuk menjadi insan yang penuh kebajikan dan intelektual.

Bangunan yang pertama dibangun adalah bagian tengah klenteng saat ini. Bangunan ini sempat mengalami renovasi pada tahun 1844. Dalam renovasi ini, sengaja didatangkan ahli bangunan dari Cina. Sehingga, bangunan klenteng yang pada awalnya hanya berupa rumah menjadi seperti yang bisa dilihat seperti saat ini.

Sementara, bangunan di sisi kiri-kanan serta di belakang dibangun kemudian. Bangunan sisi kiri-kanan dibuat pada tahun 1875, sedangkan bangunan di bagian belakang dibangun pada tahun 1904.

Salah satu hal yang menarik pada klenteng ini adalah segala aksesori yang ada di dalamnya. Berbagai aksesori yang ada di klenteng ini, mulai dari tempat sembahyang, papan, serta yang lainnya, berasal dari Cina. Seperti lonceng besar yang terdapat di bagian depan klenteng. Lonceng ini dibuat perusahaan pengecoran Ban Coan Lou di Cina pada tahun 1835. Selain itu, masih di bagian depan, ada pula Singa Batu (Cioh Sai) yang dibuat pada tahun 1827.

Di klenteng ini, diadakan perayaan besar YMS Kwan im Hud Couw atau perayaan arak-arakan Toapekong. Perayaan ini selalu diadakan bertepatan dengan tahun naga, yang terjadi setiap 12 tahun. Perayaan ini dilakukan untuk memperingati kembalinya kimsin Dewi Kwan Im Hud Couw, kimsin Kongco Kha Lam Ya, kimsin Kongco Hok Tek Ceng Sin, dan kimsin Kongco Kwan Seng Tee Kun ke Klenteng Boen Tek Bio.

Saat dilakukan renovasi besar-besaran pada 1844, keempat kimsin tersebut dipindahkan ke Klenteng Boen San Bio yang terletak di daerah Pasar Baru, Tangerang. Saat pengembalian keempat kimsin ke Klenteng Boen Tek Bio, dilakukan arah-arakan. Perayaan pertama YMS Kwan im Hud Couw dilakukan pada tahun 1856.

Terakhir kali, perayaan Toapekong diadakan pada 6 Oktober 2012. Perayaan berikutnya akan diadakan pada 2024. Selain itu, setiap tahunnya klenteng ini pun mengadakan berbagai acara seperti Pe Cun. [Agung/IndonesiaKaya]