Lematang Indah, Curug Eksotik di Sungai Air Baru

Lematang Indah, Curug Eksotik di Sungai Air Baru

Kontur Pagaralam yang berbukit-bukit karena diapit oleh dua gunung, yaitu Bukit Barisan dan Gunung Dempo menjadikan salah satu Kabupaten di Sumatera Selatan ini kaya akan curug. Berbagai curug yang ada di Pagaralam ini menjadi primadona bagi para wisatawan yang ingin berlibur sambil menghirup udara pegunungan yang masih sangat sejuk. Satu diantara banyak curug yang ada di Pagaralam adalah Curug Lematang Indah.

Curug Lematang Indah merupakan curug yang berlokasi di Desa Perahu Dipo, Pagaralam, Sumatera Selatan. Jarak dari pusat kota menuju lokasi curug tidak terlalu jauh, hanya menempuh jarak sekitar 15 km atau dapat ditempuh dengan kendaraan selama 20 menit perjalanan darat. Untuk masuk ke dalam lokasi, pengunjung diwajibkan membayar tiket seharga Rp2000.

Curug Lematang Indah mempunyai tinggi pancur sekitar 20 meter. Tepat di bawahnya mengalir Sungai Air Baru. Redianto, salah seorang pengelola sungai mengatakan, Sungai Air Baru kerap digunakan oleh para wisatawan dan pecinta alam untuk melakukan aktivitas arung jeram. Jarak sungai yang digunakan untuk aktivitas arung jeram sepanjang 50 meter dengan Curug Lematang Indah sebagai garis finish.

Karakter curug ini cukup unik. Mengingat air curugnya langsung jatuh ke sungai yang berarus deras dan mempunyai kedalaman lebih dari 2 meter, membuat curug ini berbeda dari kebanyakan curug yang ada di Kabupaten Paragaralam. “Pengunjung tidak bisa mandi di air curug ini, air sungainya deras, lagipula ini dalam,” begitu tutur Redianto. Untuk melihat curug lebih dekat, pengunjung harus menyeberang sungai dengan menyewa perahu ban. Satu perahu bisa menampung hingga 4 orang, dengan biaya Rp10.000 untuk pergi dan kembali.

Memasuki akhir pekan atau musim liburan sekolah, Curug Lematang Indah menjadi salah satu destinasi wisata di Pagaralam yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Lokasinya yang dikelilingi hutan menjadikan suasana di curug ini masih sangat alami dan udara disekitarnya masih sangat segar. Bagi para pecinta wisata petualangan, Curug Lematang Indah menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Pagar Alam, Sumatera Selatan. [AhmadIbo/IndonesiaKaya]