Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Pusat Dakwah di Pontianak

Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Pusat Dakwah di Pontianak

Masjid ini berdiri kokoh di Pusat Kota Pontianak. Masjid ini juga menjadi landmark dari kota berjuluk Kota Khatulistiwa ini. Inilah Masjid Raya Mujahiddin yang pada Januari 2015 lalu renovasi pembangunannya diresmikan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Masjid Raya Mujahidin merupakan masjid terbesar di Provinsi Kalimantan Barat. Awal pendirian masjid ini memiliki sejarah panjang dan berliku. Namun setelah menempuh waktu panjang, akhirnya pendirian masjid ini pun rampung dan diresmikan oleh Presiden Indonesia saat itu Soeharto pada tahun 1978.

Memasuki bagian dalam masjid, kita akan disajikan arsitektur khas Kalimantan Barat salah satunya dengan banyaknya tiang-tiang penyangga masjid. Masjid yang mampu menampung sekitar 9 ribu jamaah ini memiliki bangunan dua lantai dengan luas bangunan sekitar 60 meter X 60 meter di atas lahan seluas sekitar 4 hektar.

Masjid Raya Mujahiddin terletak di tengah Kota Pontianak dan menjadi pusat dakwah di kota berjuluk Kota Khatulistiwa tersebut. Masjid kebanggaan warga Pontianak ini ramai dikunjungi saat shalat taraweh, shalat ied, dan shalat Jumat. Selain itu, masjid ini juga sering dijadikan sebagai pusat kajian Islam oleh umat Islam di Pontianak. [Tauhid/IndonesiaKaya]