Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Melihat dari Dekat Kampung Nelayan Tanjung Binga

Melihat dari Dekat Kampung Nelayan Tanjung Binga

Tidak jauh dari Pantai Bukit Berahu, terdapat sebuah perkampungan nelayan yang bernama Tanjung Binga. Kampung yang berada persis di pantai yang bernama sama ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Sijuk.

Melintasi kampung ini, pengunjung akan disajikan pemandangan ikan-ikan yang menjadi hasil tangkapan nelayan yang sedang dijemur di pinggir-pinggir jalan. Selain itu, keramahan penduduk kampung membuat pengunjung akan merasa nyaman saat mampir ke kampung yang menjadi penghasil ikan asin terbesar di Belitung ini.

Pemandangan kapal-kapal nelayan yang berlabuh di pinggir pantai juga menjadi hal menarik di Kampung Nelayan Tanjung Binga. Kapal-kapal nelayan ini akan berangkat melaut sekitar pukul 13.00 WIB dan kembali menjelang pagi tiba sekitar pukul 03.00 WIB.

Ikan-ikan hasil tangkapan nelayan nantinya akan dipasarkan ke seluruh Belitung dan Jakarta. Jenis ikan yang menjadi hasil tangkapan nelayan adalah ikan Laisy. Harga rata-rata ikan ini di pasaran sekitar Rp10.000 per kilogram. Selain ikan, kampung nelayan ini juga mengolah hasil tangkapan ikan menjadi keripik ikan asin khas Tanjung Binga.

Kampung Nelayan Tanjung Binga dihuni oleh sekitar 100 kepala keluarga. Para penghuni kampung ini bukanlah warga asli Belitung. Mereka adalah warga pendatang yang berasal dari Bugis, Sulawesi Selatan. [Tauhid/IndonesiaKaya]