Melihat Ragam Kebudayaan Dayak di Museum Provinsi Kalimantan Barat

Melihat Ragam Kebudayaan Dayak di Museum Provinsi Kalimantan Barat

Bila Anda ingin melihat seluk beluk kebudayaan Dayak yang tinggal di kawasan Kalimantan Barat mungkin Museum yang satu ini layak dikunjungi. Museum Provinsi Kalimantan Barat, museum yang menyimpan koleksi khas suku Dayak seperti rumah langun, sandung, dan aneka jenis patung-patung khas suku asli Kalimantan ini.

Museum Provinsi Kalimantan Barat terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat. Museum ini berada tepat di samping Gedung Dewan Kesenian Kalimantan Barat. Memasuki ruangan dalam museum, nuansa budaya melayu dayak begitu terasa mulai dari ornamen-ornamen khas seperti baju adat pernikahan Dayak, alat tenun hingga peralatan tradisional suku dayak seperti peralatan kematian maupun sunatan.

Museum ini tergolong mewah, memiliki bangunan berlantai dua yang keduanya difungsikan sebagai gedung pameran yang menampilkan aneka jenis koleksi yang dimiliki museum. Museum ini memiliki beberapa ruangan yakni ruang pengenalan yang menampilkan sejumlah koleksi seperti koleksi geologika berupa batu-batuan serta biologika berupa tengkorak atau rangka manusia, tumbuhan, dan binatang.

Selain itu ada juga ruang budaya Kalimantan Barat yang mencakup 7 unsur kebudayaan seperti, religi dan upacara keagamaan, mata pencaharian hidup, organisasi kemasyarakatan, teknologi dan peralatan, pengetahuan, kesenian, serta bahasa. Ada juga ruang keramik yang menampilkan aneka jenis keramik seperti tempayan, piring, mangkuk yang berasal dari Kalimantan Barat maupun keramik buatan luar negeri seperti Cina, Vietnam dan beberapa negara lainnya.      

Museum ini pembangunannya mulai dirintis sejak tahun 1974. Peresmian sekaligus pembukaan museum untuk umum dilakukan pada tanggal 4 Oktober 1983 oleh Direktur Jendral Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Sejak awal didirikan, salah satu visi didirikannya museum ini sebagai lembaga pelestarian dan pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Barat. [Tauhid/IndonesiaKaya]