Mencicipi Enaknya Soto Gerabah Solo

Mencicipi Enaknya Soto Gerabah Solo

Kuliner Jawa Tengah

Solo menjadi salah satu kota yang terkenal dengan aneka jenis kuliner di Indonesia. Nama-nama seperti Timlo, sate kare, nasi liwet menjadi kuliner yang sudah dikenal masyarakat. Ada satu kuliner lagi yang juga tidak kalah enaknya yakni Soto Gerabah.

Masuk ke dalam kedai yang terletak di Jalan Prof. Dr. Supomo No 57, Pasar Beling, Solo, ini nuansa ornamen gerabah begitu dominan terlihat. Mulai dari dekorasi kendi hingga mangkuk soto beserta sendok dan gelas minumannya semuanya terbuat dari gerabah. Gerabah-gerabah seperti menjadi bagian penting dari sajian makanan yang ditawarkan di kedai ini.

Soal makanan, kedai ini menyajikan menu utama soto gerabah. Sajian satu mangkuk soto yang diracik dengan campuran bumbu yang kaya rempah-rempah dicampur nasi lengkap dengan tambahan lauk seperti tempe, perkedel, dan sate telur puyuh. Penyajian di atas mangkuk gerabah dengan sendok yang juga terbuat dari gerabah membuat nuansa menikmati soto ini menjadi lebih menyenangkan. Rasanya yang enak menjadikan menikmati satu mangkuk soto ini seperti tidak cukup apalagi tambahan perasan jeruk nipis dan sambal yang menjadikan sajian soto ini bertambah nikmat.

Harga yang ditawarkan untuk satu mangkuk soto pun relatif terjangkau yakni Rp8.000 per porsi soto gerabah. Selain soto, kedai soto gerabah juga menawarkan nasi pecel dan tumpang, serta aneka penyet dengan harga bervariasi antara Rp4.000 hingga Rp9.000.

Ada satu yang menarik dari kedai soto milik Hari Wiryawan ini. Ketika menikmati soto, pengunjung akan ditemani alunan musik keroncong yang menemani sepanjang makan. Alunan musik tradisional ini menjadikan nuansa santai dan menikmati sajian soto gerabah menjadi menyenangkan. Nuansa kebudayaan Jawa begitu terasa saat kita berada di kedai ini.

Penasaran seperti apa rasa soto gerabah dan kedai uniknya, jika Anda berkunjung ke Kota Solo jangan lupa untuk mampir ke kedai soto gerabah ini. Menikmati soto gerabah lengkap dengan sajian dekorasi gerabah akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. [Tauhid/IndonesiaKaya]