Mencicipi Kenyalnya Daging Sate Kerang

Mencicipi Kenyalnya Daging Sate Kerang

Jika menyebut nama Surabaya, sebagian orang mungkin akan berpendapat kota pahlawan adalah gudang makanan enak. Iya, kuliner seperti, rawon, rujak cingur, tahu tek, lontong balap menjadi beberapa nama andalan makanan khas yang sudah terkenal enak di nusantara. Selain nama-nama di atas, ada satu lagi kuliner khas Surabaya yang juga tidak kalah enaknya yaitu sate kerang.

Sate kerang biasanya menjadi menu yang pas untuk teman menikmati lontong balap. Paduan rasa yang pedas serta sedikit manis berkat siraman kecap menjadikan sate ini menggoda siapa saja untuk mencobanya.

Tekstur daging kerang yang kenyal saat berada di mulut menjadikan momen menikmati sate kerang mengundang sensasi tersendiri. Uniknya, daging kerang yang disajikan tidak dibakar maupun dipanggang layaknya sate-sate yang selama ini kita kenal. Daging kerang di sate ini hanya direbus kemudian disiram dengan bumbu kecap dan sambal.

Proses pembuatan sate kerang sendiri harus melewati beberapa tahap. Pertama, daging kerang direndam dengan buah kiwi selama kurang lebih 30 menit. Setelah direbus, daging kerang yang berwarna coklat keemasan ini kemudian ditusukan pada tusuk sate dan siap disajikan.

Untuk mencari warung penjual sate kerang di Surabaya tidaklah begitu sulit. Sate kerang banyak ditemukan di sudut-sudut jalan kota yang memiliki ikon sura dan buaya ini. Harga satu porsi sate kerang juga tidak mahal. Satu porsi sate ini dijual dengan harga Rp10.000 - Rp15.000. Menikmati lontong balap dengan sate kerang menjadi sajian yang begitu menggugah selera saat berada di ibukota Jawa Timur ini. [Tauhid/IndonesiaKaya]