Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Mengintip Pesona Biru Curug Cikaso di Selatan Sukabumi

Mengintip Pesona Biru Curug Cikaso di Selatan Sukabumi

Keindahannya yang tersembunyi menjadi daya tarik tersendiri untuk mendatangi lokasi wisata yang bernama Curug Cikaso, sebuah objek wisata air terjun yang terletak di kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Nama asli air terjun ini sebenarnya adalah Curug Luhur, namun kebanyakan orang menyebutnya Curug Cikaso.

Memiliki ukuran lebar 100 m dan ketinggian sekitar 30 m, Curug Cikaso ini terdiri dari tiga titik aliran air dengan dasar air terjun berbentuk kolam yang berisikan air jernih berwarna biru kehijauan. Dua aliran air terjun tersebut sangat jelas terlihat, sedangkan satu aliran lagi terlihat agak bersembunyi di balik tebing.

Ketiga air terjun tersebut memiliki nama masing-masing yaitu sebelah kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong, sedangkan yang paling kanan bernama Curug Aki.

Jarak antara Curug Cikaso sendiri dengan Kota Jakarta terbilang cukup jauh yaitu sekitar 200 km. Akses menuju kawasan lokasi wisata ini dapat ditempuh dengan 2 alternatif berbeda. Alternatif pertama adalah dengan menggunakan perahu motor yang telah disediakan dengan harga sewa Rp80.000 dan untuk alternatif kedua yaitu dengan berjalan kaki menyusuri pematang sawah milik penduduk setempat. Selama perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan alam Curug Cikaso yang lengkap dengan kawasan hutan tropis, persawahan serta tebing-tebing yang menjulang membuat kita sejenak melupakan hiruk pikuk kota.

Setibanya dibalik Curug Cikaso, Anda masih harus menempuh perjalanan di jalan setapak berbatuan dalam kawasan hutan lebat di Curug Cikaso. Tak selang berapa lama, hanya sekitar 2 menit dan Anda mulai mendengar gemuruh air terjun yang berjatuhan dari tebing setinggi 80 m itu.

Bagi Anda para pecinta traveling, akan menjadi sangat luar biasa ketika Anda dapat menemukan sebuah spot keindahan alam tersembunyi di balik curamnya tebing-tebing tinggi menjulang ataupun dibalik lebatnya hutan.

Air yang sejuk dan dingin, keindahan panorama 3 air terjun berjajar ini akan menjadi kenangan perjalanan terindah di pedalaman Sukabumi dan membuat Anda ingin kembali ke curug nan megah ini. [Anggey/IndonesiaKaya]