Menikmati Sajian Kesenian Minahasa di Taman Budaya Manado

Menikmati Sajian Kesenian Minahasa di Taman Budaya Manado

Pariwisata Sulawesi Utara

Salah satu penunjang berkembangnya seni budaya di satu daerah adalah adanya gedung pertunjukan yang memadai untuk menampilkan pertunjukan-pertunjukan seni karya seniman di daerah. Di Manado misalnya, di sini terdapat taman budaya tempat mementaskan kesenian khas Sulawesi Utara.

Taman Budaya Manado terletak di Jalan Maengket No. 31, Manado. Dalam taman budaya yang diresmikan pada 8 Januari 1987 ini biasa digelar aneka pertunjukan kesenian khas provinsi yang memiliki ibukota di Manado ini.

Tidak hanya pertunjukan kesenian yang digelar di sini, pameran dan pelatihan seni budaya juga sering digelar di taman budaya yang peresmiannya dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia saat itu Fuad Hasan.

Di taman budaya ini terdapat satu gedung pertunjukan yang berukuran cukup besar untuk mementaskan pagelaran seni dan budaya. Di dukung kapasitas tempat duduk yang memadai, gedung pertunjukan ini menjadi tempat yang nyaman untuk menyaksikan sebuah pertunjukan.

Satu yang menarik, di taman budaya ini terdapat sepasang patung yang berdiri di atas kolam. Patung seorang pria yang dalam bahasa minahasa disebut Tole dan wanita biasa disebut Keke ini digambarkan sedang menarikan tari maengket, tarian khas Manado. Patung ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung di sini.    

Bagi pengunjung yang ingin mengetahui seperti apa ragam kesenian dan budaya di Manado, taman budaya ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi. Untuk menuju Taman Budaya Manado tidaklah sulit, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Manado pengunjung sudah tiba di tempat ini. [Tauhid/IndonesiaKaya]