Menikmati Senja di Pantai Tanjung Layar Desa Sawarna

Menikmati Senja di Pantai Tanjung Layar Desa Sawarna

Perlahan-lahan matahari tenggelam di ufuk timur dan menghilang di balik tebing bagai sebuah siluet cantik di sore hari. Pemandangan cantik sunset ini tersaji di sebuah pantai di Desa Sawarna, Kabupaten Lebak, Banten. Pantai itu bernama Pantai Tanjung Layar.

Pantai yang terletak di Kecamatan Bayah ini memiliki tebing berbentuk menyerupai layar perahu yang menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan.

Pantai Tanjung Layar berjarak 4 km dari Kampung Cikaung, kawasan paling ramai dan pusatnya penginapan di Desa Sawarna. Untuk dapat menuju Pantai Tanjung Layar, pengunjung bisa menghabiskan waktu selama sekitar 30 menit.

Perjalanan menuju Pantai Tanjung Layar, pengunjung akan melewati Pantai Pasir Putih yang menjadi primadona tujuan wisatawan di Desa Sawarna. Pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi menjadi teman setia yang menemani saat berjalan melewati jalan-jalan setapak.

Pilihan lain bagi pengunjung yang tidak kuat berjalan bisa menggunakan ojek yang mudah ditemukan di area penginapan. Pengunjung dapat mengatur kesepakatan dengan para tukang ojek yang berada di sini.

Sampai di Pantai Tanjung Layar, tebing dengan ketinggian mencapai sekitar 20 meter di bagian tengah pantai seperti menyita perhatian mata kita untuk melihatnya. Bentuknya sekilas menyerupai layar perahu kayu yang tinggi menjulang dengan layarnya yang lebar. Pada bagian tengah tebing, seakan terbagi dua dengan celah yang hampir putus.

Tebing ini bebas dari terjangan ombak besar laut jawa bagian Selatan. Bebatuan karang yang terdapat di balik tebing seperti menjadi pagar pembatas yang menjaganya dari terjangan ombak. Walaupun ini tercipta secara alami namun terlihat jelas bebatuan karang ini sangat pas keberadaanya seperti diciptakan oleh manusia.

Saat senja menjadi waktu yang paling tepat untuk menikmati sajian indah Pantai Tanjung Layar. Sinar matahari yang menyegat memberikan kesan siluet yang cantik untuk tebing yang berdiri kokoh ini. Apalagi gempuran ombak yang sesekali menghantam batu karang membuat air terhempas hingga melambung tinggi. Fenomena ini seperti memunculkan keceriaan di wajah para wisatawan saat berkunjung ke Pantai Tanjung Layar.

Lanskap yang tersaji di pantai ini membuat fotografer dari berbagai penjuru di Indonesia maupun internasional berdatangan untuk mengabadikan momen berharga ini. Dari berbagai sudut pengambilan, wajah Pantai Tanjung Layar tertangkap dengan indah dari bilik lensa.

Bila bosan dengan pemandangan dari bawah, pengujung bisa naik ke atas bukit yang terletak di pojok kiri Pantai Tanjung Layar. Dari sini terdapat anak tangga yang menuju atas bukit. Dari atas ini, lanskap yang lebih indah terungkap. Bentuk tebing yang menyerupai layar semakin jelas begitu juga dengan bebatuan yang berfungsi sebagai pagar terlihat sempurna. [Riky/IndonesiaKaya]