Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Menikmati Setiap Sisi Kota Solo dengan Bus Wisata Werkudara

Menikmati Setiap Sisi Kota Solo dengan Bus Wisata Werkudara

Mau berjalan-jalan keliling Kota Solo dengan transportasi umum yang nyaman dan menyenangkan, mungkin Anda harus mencoba bus yang satu ini. Bus wisata Werkudara namanya, bus tingkat andalan Kota Solo untuk para wisatawan yang ingin berkeliling ke kota dengan julukan Kota Batik ini.

Menaiki bus tingkat ini, pengunjung akan diajak melewati destinasi-destinasi wisata yang ada di Solo. Rute yang dilewati mulai dari Stadion Manahan, salah satu stadion kebanggaan warga Solo lanjut melewati Stasiun Purwosari, salah satu stasiun tertua untuk kereta kelas ekonomi yang ada di Solo.

Selanjutnya bus tingkat berwarna merah ini akan menuju jalan-jalan protokol di Kota Solo seperti Jalan Slamet Riyadi hingga menuju Balai Kota. Bus selanjutnya akan melewati pasar tertua di Kota Solo yakni Pasar Gedhe dan berlanjut hingga ke Universitas Negeri Solo dan Taman Makam Pahlawan Solo.

Berada di bagian atas bus wisata werkudara menjadi sensasi tersendiri. Dari atas bus Anda bisa melihat-lihat pemandangan eloknya Kota Solo. Selain melihat bangunan-bangunan bersejarah, kita juga dapat melihat salah satu keunikan Kota Solo berupa rel kereta api wisata yang ada di tengah kota. Rel ini biasa dilewati oleh kereta api wisata jaladara, salah satu kereta api tua yang masih beroperasi di Indonesia hingga sekarang.

Untuk dapat menaiki bus wisata Werkudara ini, kita harus mendatangi Dishubkominfo bidang angkutan yang terletak di Jalan Menteri Supeno nomor 7, Manahan, Solo. Tiket bus wisata werkudura ini dijual dengan harga Rp20.000/orang. Sementara jika Anda datang bersama rombongan sanak keluarga, bus ini bisa di-carter dengan harga Rp800.000.

Satu yang unik, bus wisata ini hanya beroperasi hanya pada saat akhir pekan atau hari Sabtu dan Minggu saja. Jam beroperasi bus werkudara ini dalam satu hari hanya 3 kali yakni pukul 09.00, 12.30, dan 03.30 WIB. Sebaiknya jika ingin menjajal naik bus ini, Anda terlebih dahulu memesan tiket agar tidak kehabisan mengingat peminat yang ingin mencoba bus ini sangat banyak.

Bus tingkat wisata werkudara menjadi bus tingkat pertama hasil buatan Indonesia. Bus tingkat ini dibuat oleh karoseri Tri Sakti asal Magelang. Bus ini juga mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai bus tingkat pertama buatan Indonesia pada 9 April 2011.

Bus ini sendiri diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo yang saat itu masih menjabat sebagai Walikota Solo. Peluncuran bus Werkudara ini memiliki tujuan sebagai daya tarik baru bagi wisatawan, sekaligus memperkuat citra Solo sebagai kota wisata. [Tauhid/IndonesiaKaya]