Menyaksikan Lanskap Toraja di Atas Ketinggian Gunung Sesean

Menyaksikan Lanskap Toraja di Atas Ketinggian Gunung Sesean

Pariwisata Sulawesi Selatan

Toraja. Nama daerah ini pasti sudah tak asing lagi di telinga para warga Indonesia, terlebih bagi para pelancong. Daerah yang sangat kental sekali dengan adat budayanya ini merupakan sebuah daerah di selatan Pulau Sulawesi, tepatnya berada di ujung utara provinsi Sulawesi Selatan. Toraja kini terbagi menjadi dua kabupaten berbeda, Tana Toraja dan Toraja Utara. Ketenarannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Pengunjungnya pun bukan hanya dari wisatawan lokal saja, turis dari berbagai macam belahan dunia pun berbondong-bondong untuk datang ke Toraja.

Rambu Solo, Kete Kesu, Londa, dan Lemo merupakan beberapa atraksi dari sekian banyak keunikan dari Toraja yang selalu dapat menarik perhatian para wisatawan. Namun bagi pendatang yang ingin merasakan pengalaman berbeda, Toraja menawarkan pengalaman lain dari wisata Toraja pada umumnya, yakni menikmati Toraja dari atas ketinggian sebuah gunung. Gunung yang dimaksud adalah Gunung Sesean yang menjadi titik tertinggi di Toraja.

Gunung Sesean terletak di Desa Sesean, Kecamatan Sesean Solora, Toraja Utara dengan ketinggian 2.100 di atas permukaan laut. Dari atas gunung ini dapat melihat jelas hijaunya perbukitan yang mengelilingi Toraja dan padatnya permukiman warga di Rantepao yang menjadi ibu kota kabupaten Toraja Utara. Berkemah adalah pilihan tepat saat mendaki Gunung Sesean. Pada saat malam hari dengan cuaca mendukung, hamburan bintang dan galaksi bima sakti (milkyway) dapat disaksikan dengan mata telanjang. Ditambah lagi, keesokannya dapat menikmati hangat suasana pagi saat sang fajar mulai terbit.

Untuk sampai ke gunung ini, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan mengendarai kendaraan bermotor dari pusat kota Rantepao, setelah itu mendaki sekitar tiga hingga empat jam untuk sampai ke puncaknya. Sepanjang perjalanan dari Rantepao akan melewati banyak Tongkonan yang merupakan rumah adat asli Toraja, perkebunan warga, dan sawah dengan jalanan naik-turun dan berkelok-kelok. Titik pendakiannya sendiri dimulai dari sebuah rumah warga yang biasa dijadikan tempat menitipkan kendaraan.
 
Trek Gunung Sesean terbilang masih bersahabat, tidak terlalu menanjak. Medannya berupa tanah dengan banyak batu besar hingga sampai puncak. Sumber airpun tersedia di beberapa titik. Oleh karena itu sangat cocok untuk dijadikan pilihan untuk menghabiskan waktu saat berkunjung ke Toraja. Berkemah, menikmati kopi hangat di atas ketinggian, ditambah pemandangan menakjubkan Toraja pastinya akan menjadikan pengalaman berwisata yang tidak terlupakan. [Rizal/IndonesiaKaya]