Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Menyaksikan Penangkaran Penyu di Pulau Pramuka

Menyaksikan Penangkaran Penyu di Pulau Pramuka

Pulau Pramuka mungkin menjadi salah satu pulau yang sering dikunjungi di Kepulauan Seribu. Pulau ini dapat ditempuh 2,5 jam dari Jakarta dengan menggunakan perahu motor. Pulau yang dijadikan pusat pemerintahan Kepulauan Seribu ini memiliki fasilitas yang lengkap, seperti gedung pemerintahan, sekolah, rumah sakit, masjid, penginapan, dan fasilitas umum lainnya.

Selain pemandangan pantainya yang indah, pantai yang luasnya mencapai 9 hektare ini juga memiliki penangkaran penyu sisik sebagai daya tarik agar wisatawan datang berkunjung. Wisatawan yang berkunjung dapat melihat bahkan menyentuh penyu sisik saat berada di dalam penangkaran.

Siklus kehidupan penyu mulai dari tukik (bayi penyu) sampai penyu dewasa dapat disaksikan di penangkaran penyu yang telah ada sejak tahun 1984 ini. Perawatan dan pemeliharaan yang baik membuat penyu di dalam penangkaran dapat tumbuh secara sempurna. Apabila penyu telah cukup umur, mereka akan dilepaskan di tepi pantai.

Tidak hanya penangkaran penyu. Pada bagian pesisir pantai, pengunjung juga dapat melihat pepohonan bakau yang tumbuh dengan baik. Berfungsi sebagai penahan abrasi pantai dan resapan air laut, pohon yang mempunyai nama lain manggrove ini menjadi dekorasi indah di sekitar tepi pantai di Pulau Pramuka.

Pulau yang juga disebut “Cyber Island” ini merupakan satu-satunya pulau yang memiliki akses intenet. Bahkan, tulisan “Cyber Island” dapat terlihat di pelabuhan pada bagaian depan pulau.

Keramahan yang ditawarkan masyarakat Pulau Pramuka juga akan membuat Anda terasa seperti berada di rumah sendiri saat berkunjung ke pulau ini. Penduduk di pulau ini memiliki garis keturunan dari masyarakat Bugis dan Madura. Menyaksikan matahari terbenam dari dermaga Pulau Pramuka juga bisa menjadi alternatif di pulau ini. Dengan keindahan yang memukau dan hembusan angin laut yang sejuk, pengunjung Pulau Pramuka akan dimanjakan saat berkunjung ke pulau ini. [Riky/IndonesiaKaya]