Mie Belitung yang Menggugah Selera

Mie Belitung yang Menggugah Selera

Belum lengkap rasanya jika melakukan perjalanan wisata ke Pulau Belitung tapi tidak mencicipi mie yang satu ini. Mie Belitung namanya. Mie kuning yang disajikan dengan kuah udang, potongan kentang rebus, udang, irisan timun, serta taburan emping di atasnya. Rasanya yang khas dan enak membuat mie ini menjadi salah satu kuliner andalan bumi laskar pelangi.

Selain rasa mie yang lezat, mie Belitung pun memiliki kuah yang kental dan menggugah selera. Kuah mie Belitung dibuat dari kaldu udang yang diramu dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, merica, dan jahe.

Mie Belitung paling nikmat disajikan saat panas. Rasanya yang nikmat ditambah dengan aroma kuah kaldu udang yang begitu sedap membuat kuliner ini menjadi sajian yang begitu menggugah selera.

Di Pulau Belitung, ada banyak warung yang menyajikan mie Belitung. Salah satunya adalah Mie Belitung Nyonya Atep yang berada tepat di tengah kota, tepatnya di Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan. Warung ini sudah begitu terkenal di Belitung dan Nyonya Atep sendiri sudah sekitar 39 tahun berjualan mie Belitung. [Tauhid/IndonesiaKaya]