Napak Tilas Jejak R.A Kartini di Museum R.A Kartini

Napak Tilas Jejak R.A Kartini di Museum R.A Kartini

Pariwisata Jawa Tengah

Jepara selain dikenal dengan wisata pantainya ternyata juga terdapat sebuah museum yang sangat bersejarah yakni Museum R.A Kartini. Berdiri diatas tanah seluas 5210 meter, museum ini menyimpan benda-benda peninggalan R.A.Kartini maupun kakaknya R.M.P. Sosrokartono.

Museum yang didirikan pada 30 Maret 1975 ini dibangun pada era Jepara dipimpin Bupati Suwarno Djojo Marwodo atas usulan wakil rakyat Jepara dan diresmikan pada 21 April 1975 bertepatan hari lahir pahlawan wanita yang menulis buku Habis Gelap Terbitlah Terang ini.

Museum ini terbagi dalam beberapa ruangan besar yakni ruang yang berisi koleksi peninggalan R.A. Kartini berupa benda peninggalan dan foto semasa hidupnya. Diantaranya adalah meja, kursi, foto-foto Kartini, Radio, koleksi piring Kartini, Gerobag Kartini dan lain-lain.

Selain itu juga terdapat ruang yang berisi koleksi benda-benda yang bernilai sejarah antara lain terdapat tulang ikan raksasa Joko Tuwo dengan panjang kurang lebih 16 meter, berat kurang lebih 6 ton, lebar 4 meter, tinggi 2 meter dan kurang lebih berumur 220 tahun. Tulang ikan ini ditemukan di perairan Karimunjawa pada pertengahan bulan April 1989.

Museum R.A. Kartini terletak di jalan Alun-alun Nomor 1, Jepara, Jawa Tengah. Lokasi museum sangat strategis, karena disebelah timur museum ini terdapat kantor pusat Pemerintahan Kabupaten Jepara sementara sebelah selatan ada alun-alun kota yang terkenal dengan ukirannya ini. [Tauhid/IndonesiaKaya]