Nasi Ayam Kedewatan

Nasi Ayam Kedewatan

Foto : Tim Indonesia Exploride

Bagi para pecinta kuliner yang berkunjung ke Pulau Bali, Ubud memang menjadi salah satu daerah wisata kuliner yang menyediakan berbagai jenis makanan yang menggugah selera. Begitu juga dengan tim Indonesia Exploride yang memang dijadwalkan untuk melakukan kegiatan wisata kuliner di daerah ini, memilih makan siang di rumah makan Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, yang terletak tidak jauh dari tempat tim menginap.

Nasi Ayam Kedewatan merupakan sejenis nasi campur yang terdiri dari daging ayam, jeroan, dan kacang goreng, yang ditambah dengan telur rebus, satu tusuk sate, dan masakan sayur yang berbahan kacang panjang. Sementara sebagai pelengkapnya, disediakan sambal matah, yaitu cabe yang dipotong kecil-kecil dan kemudian dicampurkan dengan garam dan bawang.

Menurut pemiliknya, rumah makan yang menyediakan hidangan serba ayam ini sudah sering didatangi oleh selebritis lokal ataupun mancanegara. Dan perjalanan tim Indonesia Exploride yang cukup melelahkan karena padatnya lalu lintas menuju ke Ubud serasa terbayarkan setelah menyantap dan merasakan kelezatan nasi ayam campur khas Bali ini.

Rumah makan Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku berada di Jl. Raya Kedewatan, Ubud, Gianyar, Bali. Suasana Bali langsung terasa di rumah makan yang juga memiliki arsitektur bergaya Bali ini, damai dan tenang serasa di desa. Hidangan ini bisa dinikmati dengan merogoh kocek sebesar Rp 10.000 untuk satu porsi. [TimIndonesiaExploride/IndonesiaKaya]