Pantai Kamali, Salah Satu Ikon Kebanggaan dari Kota Baubau

Pantai Kamali, Salah Satu Ikon Kebanggaan dari Kota Baubau

Setiap daerah tentunya memiliki satu tempat yang sudah melekat dengan daerahnya masing masing. Tempat-tempat tersebut ibarat sebuah ikon yang akan langsung muncul di pikiran orang-orang ketika berbicara tentang daerah yang dimaksud. Ketika berbicara tentang Kota Baubau yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara, mungkin nama Pantai Kamali lah yang akan pertama kali muncul ketika mengingat tentang kota yang berada di Pulau Buton ini. Pantai Kamali merupakan tempat favorit bagi masyarakat Kota Baubau untuk berkumpul dan bersenda gerau bersama orang orang terdekat. Di sekitar area pantai, terdapat patung naga dengan ukuran yang cukup besar yang juga menjadi ikon dari Kota Baubau.

Area di Pantai Kamali dibagi menjadi tiga area utama. Area di wilayah barat pantai ditujukan sebagai tempat parkir bagi kendaraan dari para pengunjung pantai. Area ini juga didominasi oleh para pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai macam dagangan. Di wilayah timur pantai, terdapat area yang dimanfaatkan oleh para pedagang yang berdagang di malam hari. Area tengah pantai terdapat ikon dari Kota Baubau yaitu patung naga yang merepresentasikan kekuatan, kejayaan, dan kegigihan dari Kerajaan Buton dahulu. Area di tengah pantai ini dapat dikatakan sebagai pusat dari seluruh area di Pantai Kamali. Di area tengah Pantai Kamali ini, para pengunjung dapat bersantai dengan menikmati berbagai macam hidangan dan minuman yang dijajakan para penjual termasuk diantaranya adalah Saraba, minuman yang terbuat dari jahe yang mirip dengan wedang dan bandrek di daerah Jawa.

Pantai Kamali terletak di jantung Kota Baubau. Jika berkunjung ke kota Baubau, sempatkanlah untuk singgah di pantai yang namanya sudah melekat dengan identitas dari Kota Baubau sendiri. Ketika langit telah gelap, pantai mulai ramai dikunjungi oleh muda mudi maupun rombongan keluarga yang ingin menikmati suasana pantai pada malam hari. Pemandangan Selat Buton serta suasana pantai yang asri ditambah hidangan khas dari Kota Baubau akan menciptkan pengalaman tersendiri bagi pengunjung yang baru pertama kali singgah ke Kota Baubau. [Rizal/IndonesiaKaya]