Indonesia Kaya App

Aplikasi untuk penikmat
budaya Indonesia

Unduh Gratis
Pantai Tanjung Kasuari: Oase Menawan Di Tengah Padatnya Kota Sorong

Pantai Tanjung Kasuari: Oase Menawan Di Tengah Padatnya Kota Sorong

Kicauan burung terdengar begitu merdu di balik rindangnya pepohonan kelapa yang berderet rapih. Sinar matahari sesekali menembus dedaunan dan membentuk bayangan teduh selaras dengan tenangnya pantai. Deburan ombak memecah keheningan serta hempaskan buih-buih air laut yang bergulung larutkan butiran pasir putih. Sejuknya angin warnai hangatnya sore itu sembari menyambut tenggelamnya matahari di oase Pantai Tanjung Kasuari.

Pantai ini bernama Tanjung Kasuari karena lokasinya terletak di wilayah darat Sorong yang menjorok ke laut di wilayah utara pulau Papua dan menyerupai kepala burung Kasuari. Pantai ini adalah pantai yang cukup terkenal di Kota Sorong. Masyarakat setempat senang sekali menghabiskan waktu akhir minggu dan hari libur mereka di pantai indah ini. Lokasinya yang cukup jauh dari keramaian kota membuat pantai ini menjadi sebuah tempat pelarian yang nyaman selepas aktifitas harian penduduk Sorong yang begitu padat. Namun, walaupun berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota, Pantai Tanjung Kasuari dapat ditempuh hanya dalam 30 menit saja dengan kendaraan bermotor.

Sebenarnya, kota Sorong memiliki banyak pantai lain yang tersebar di sepanjang perjalanan menuju Pantai Tanjung Kasuari, tetapi untuk kenyamanan, luas wilayah, serta popularitas, Tanjung Kasuari tetap menjadi primadona di Kota Sorong. Walaupun pantai indah ini terletak paling ujung di jajaran pantai-pantai lainnya, namun masyarakat tetap memilih Tanjung Kasuari sebagai pantai favorit mereka untuk berwisata. Biaya untuk masuk pantai ini hanya dikenakan bagi kendaraan bermotor saja, 50.000 rupiah untuk mobil, dan 20.000 rupiah untuk sepeda motor. Memang biaya ini terasa mahal, tetapi semua akan terbayar dengan suasana pantai Tanjung Kasuari yang indah, tenang, dan begitu menyejukkan.

Memasuki wilayah pantai, biasanya anak-anak dari penduduk di sekitar pantai sudah menyambut dengan senyum dan teriakan mereka. Anak-anak ini begitu bersemangat bila ada wisatawan yang mengunjungi pantai karena bagi mereka wisatawan adalah sumber pendapatan. Memang kehadiran wisatawan sangat berpengaruh bagi masyarakat sekitar pantai, mereka yang umumnya menjual kelapa muda, menyewakan perahu, atau bahkan menjajakan ikan bakar akan sangat berharap pada para wisatawan.

Pantai Tanjung Kasuari masih termasuk pantai yang cukup asri dan alami. Bentangan pantai yang sangat panjang dan deretan pepohonan rindang menjadi pemandangan utama yang dapat dinikmati. Beberapa sudut wilayah pantai menyuguhkan gundukan batuan karang yang menawan dan indah untuk dijadikan tempat berfoto. Ombak laut yang bergulung tidak terlalu besar sangat cocok untuk dinikmati sembari menunggu matahari kembali ke sisi barat bumi. Dengan kondisi ini, tidak heran bila oase Pantai Tanjung Kasuari menjadi salah satu tujuan wisata unggulan kota sorong yang menarik bagi para wisatawan dalam dan luar Indonesia. [@phosphone/IndonesiaKaya]