Pesona Ketenangan Pantai Sopapei

Pesona Ketenangan Pantai Sopapei

Pulau Ambon terkenal dengan wisata Pantai yang sangat indah. Hampir di setiap pesisir Pulau ini Anda akan menemui pantai dengan karakteristik yang berbeda satu dengan lainnya. Ada pantai yang mempunyai kontur landai dengan hamparan pasir luas, ada juga pantai dengan karakter batu karang yang keras, bahkan terdapat pula wilayah pesisir yang berupa tebing tinggi. Hampir semuanya mempunyai keindahan tersendiri yang akan membuat Anda berdecak kagum. Salah satu yang cukup berkarakter adalah Pantai Sopapei.

Pantai ini terletak bersebelahan dengan Pantai Natsepa yang populer itu. Keduanya hanya dipisahkan oleh bebatuan tebing karang, namun tetap berada dalam wilayah yang sama. Keadaan alamnya pun tidak jauh berbeda dengan Natsepa, hanya saja Sopapei lebih bersih dan pasirnya pun lebih putih. Jarak pantai ini dari Pusat kota Ambon hanya sekitar 15 km dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit saja dengan kendaraan bermotor.
    
Pantai Sopapei adalah satu pantai yang baru saja dibuka secara resmi oleh warga sekitarnya sebagai obyek wisata. Fasilitas dan infrastruktur pendukung pantai ini juga belum selengkap Natsepa atau Pantai Liang. Namun, hamparan pasir putih, air laut yang jernih dan suasana yang begitu nyaman akan selalu menyambut Anda ketika memasuki wilayah Pantai Sopapei. Bila Anda ingin menikmati pantai dan lautan dengan situasi tenang dan nyaman, Pantai ini sangat tepat untuk dijadikan pilihan. Satu hal yang paling mencolok dari karakteristik Pantai Sopapei adalah aura tenangnya yang begitu menawan sehingga dapat membuat siapapun enggan beranjak cepat dari pantai ini.
    
Biasanya, warga Ambon menjadikan Pantai Sopapei sebagai akternatif tujuan wisata pantai. Mereka umumnya sudah mulai bosan dengan pantai-pantai populer seperti Natsepa atau Liang, dan mencari tempat yang masih baru dan belum terlalu ramai. Walaupun baru, aktifitas yang bisa dilakukan di pantai ini sudah ada banyak. Mulai dari hanya bersantai menikmati suasana tenangnya Sopapei, bermain pasir di pantai, snorkeling, bahkan menyelam dan spear fishing (berburu ikan sambil menyelam) pun sering menjadi kegiatan favorit para wisatawan. Masyarakat sekitar pantai sudah mengerti manfaat ekonomis yang akan mereka dapatkan dari para wisatawan, itu sebabnya warung makanan, penyewaan ban dan alat-alat rekreasi pantai lainnya pun sudah tersedia.
    
Pantai Sopapei adalah satu tujan wisata pantai yang masih segar di Pulau Ambon. Lokasinya yang mudah dijangkau, alamnya yang indah dan masih terjaga bersih, serta peran warga yang secara mandiri menyiapkan berbagai fasilitas disana menjadi faktor utama perkembangan pantai ini. Suatu saat nanti, bukan tidak mungkin Pantai Sopapei akan menjadi populer layaknya Pantai Natsepa atau Liang. Masyarakat sudah menyadari ini, kini giliran pemerintah untuk lebih lagi mengembangkan potensi pariwisata Pantai Sopapei. [Phosphone/IndonesiaKaya]