Pesona Sejarah Pantai Hamadi

Pesona Sejarah Pantai Hamadi

Pariwisata Papua

Pada tahun 1944, saat Jayapura masih bernama Hollandia, pasukan sekutu membangun basis pusat komando di wilayah ini. Di bawah komando panglima tertinggi sekutu, Jenderal Douglas McArthur, Jayapura menjadi saksi bagaimana persiapan pasukan sekutu menghadapi pasukan Jepang yang menguasai sebagian besar wilayah Pasifik. Salah satu wilayah yang cukup penting adalah pesisir pantai Hollandia yang kini dikenal sebagai Pantai Hamadi.

Sejarah di atas adalah latar belakang yang menjadikan Pantai Hamadi menjadi menarik dan berbeda dari beberapa pantai lain di kota Jayapura. Dahulu, saat pasukan sekutu memasuki wilayah Jayapura, pantai ini menjadi pertahanan pasukan sekutu terhadap serangan Jepang. Oleh sebab itu, bila kita mengunjungi pantai Hamadi saat ini, sisa benteng pertahanan terbentang dengan panjang kira-kira 2 kilometer terdapat disana.

Benteng ini menjadi saksi sejarah bagaimana pasukan sekutu mempertahankan basis pusat komandonya di wilayah pasifik. Keberadaan benteng ini adalah salah satu strategi pertahanan pasukan sekutu yang juga menjadi satu rangkaian dengan pantai Base-G di kota Jayapura. Walaupun kondisinya sudah tidak utuh lagi, namun sisa tembok benteng menjadikan pantai Hamadi sebagai obyek bersejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Selain nilai sejarahnya, pantai ini sekarang juga menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan lokal dan luar Jayapura. Mereka biasanya menghabiskan waktu liburan Sabtu-Minggu di tempat ini bersama keluarga maupun teman-teman. Berenang, berolahraga, atau hanya sekedar bercengkrama menjadi aktifitas mereka sambil menikmati indahnya pemandangan sekitar. Pantai Hamadi sangat cocok untuk bersantai di kala sore hari sambil menunggu datangnya malam di kota Jayapura.

Wilayah yang masih berada di pusat kota Jayapura menjadikan Pantai Hamadi mudah untuk dijangkau dan dekat dengan pusat kegiatan masyarakat Jayapura. Hal ini pula yang membuat Pantai Hamadi menjadi obyek wisata terkenal di ibukota propinsi Papua ini. Pantai yang membentang luas, pasir berwarna keemasan dan cerita sejarah di balik Hamadi, sangat cukup membuat pantai ini semakin mempesona. [@phosphone/IndonesiaKaya]